Belajar di Rumah Mulai Bosan? Cobain Yuk, 3 Aplikasi Kece untuk Belajar Online Gratis

Daftar Isi [Tampil]
belajar di rumah aja #dirumahaja

Rubrikpena.com - Pandemi Covid-19 atau virus corona membuat pemerintah harus membuat strategi jitu untuk meminimalisir penyebarannya. Berbagai himbauan dan kebijakan dikeluarkan untuk melindungi masyarakat dari terpaparnya wabah virus corona. Salah satu kebijakannya adalah belajar di rumah bagi seluruh siswa-siswi di beberapa wilayah.

Misalnya Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Banten dan Jawa Barat menginstruksikan untuk menutup sementara kegiatan belajar mengajar di sekolah dan kemudian digantikan dengan belajar jarak jauh atau belajar di rumah.

Saya yakin, tidak semua sekolah, guru dan bahkan siswa siap dengan metode belajar seperti ini. Meskipun ternyata tak sedikit juga yang benar-benar mampu menjalankan instruksi ini dengan baik.

Ketika kebijakan belajar di rumah ini diberlakukan, beberapa masalah mulai muncul. Misalnya, karena setiap metode pembelajaran menggunakan jaringan internet, beberapa orang tua mulai mengeluh karena belanja paket internet menjadi meningkat. 

Permasalahan lain adalah orang tua mulai dipusingkan dengan berbagai tugas yang dikerjakan anaknya dan ia tidak bisa membantu menjawabnya.

Tapi kembali lagi, setiap langkah kebijakan akan mengandung resiko. Bagaimanapun ini adalah pilihan terbaik disaat kondisi sekarang ini. Daripada kemudian virus ini menyebar tak terkendali, hal ini malah akan menjadi masalah yang lebih besar.

Hingga saat ini, pandemi ini belum juga berakhir. Maka pemerintah daerah juga kemudian memperpanjang masa belajar di rumah termasuk para pegawai untuk tetap melakukan work from home.

Baca Juga: Tasikmalaya LOCKDOWN, Satu Langkah Pencegahan COVID-1

Belajar di rumah diperpanjang, para siswa juga mulai merasakan kejenuhan saat belajar di rumah. Karena tidak lagi bisa berinteraksi secara langsung dengan teman-temannya atau dengan guru-gurunya.

Nah, untuk sedikit merelaksasi kejenuhan itu. Ada beberapa situs web atau aplikasi belajar online gratis. Diharapkan dengan adanya beberapa aplikasi ini juga akan memudahkan para guru hingga siswa untuk memahami materi lebih mudah dan belajar di rumah tetap efektif.


1. Rumah Belajar Kemendikbud

belajar di rumah dengan aplikasi online gratis rumah belajar kemendikbud
Portal Rumah Belajar Kemdikbud ini adalah sebuah portal belajar online yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Portal belajar online gratis ini bisa dimanfaatkan oleh siswa dan guru dari tingkat PAUD, SD, SMP, hingga SMA/SMK.

Belajar di rumah kemendikbud menyajikan berbagai materi yang menarik dan interaktif. 

Terdapat empat fitur utama di rumah belajar kemendikbud ini, yaitu: Kelas Digital, Bank Soal, Laboratorium Maya dan Sumber Belajar. Dengan berbagai fitur utama ini materi belajar di rumah akan menjadi asyik dan efektif.

Kamu bisa mengaksesnya kemudian mendaftar pada laman belajar.kemdikbud.go.id. Atau bisa juga mengunduh aplikasinya pada play store Rumah Belajar Kemendikbud


2. Sekolah Online Ruang Guru Gratis

belajar di rumah dengan aplikasi online gratis sekolah online ruang guru gratis
Materi belajar di rumah gratis berikutnya adalah Sekolah Online Ruang Guru Gratis. Pada dasarnya belajar di aplikasi atau web Ruang Guru ini berbayar. Namun, karena adanya kondisi wabah COVID-19 kemudian mengharuskan para siswa dan guru memberikan materi belajar di rumah. 

Maka, Ruang Guru membuat program Sekolah Online Ruang Guru Gratis. Jadi setiap guru atau siswa yang mengaksesnya tidak kenakan biaya. Bahkan terdapat menu khusus bagi orang tua siswa yang ingin mengaksesnya.  Sekolah online di rumah gratis ini cukup banyak diminati oleh para pelajar untuk melakukan kegiatan belajar di rumah.

Baca Juga: Kang Emil Potong Gaji Sendiri Selama 4 Bulan, Buat Apa?

Aplikasi ini dapat diakses setiap hari Senin hingga Jumat, dari jam 08.00 - 12.00. Namun, berbeda dengan rumah belajar kemendikbud yang materi pembelajarannya dari tingkat PAUD. Materi di Sekolah Online Ruang Guru Gratis ini dimulai dari kelas 1 SD, hingga kelas 12 SMA atau SMK.

Kamu bisa mengakses aplikasi belajar online  gratis ini dengan cara mengunjungi sekolahonline.ruangguru.com atau bisa mengunduh aplikasinya pada play store atau app store yaitu Ruang Guru - Bimbel Online atau Ruang Guru - App Belajar No.1.


3. Sekolahmu

aplikasi belajar di rumah dengan aplikasi gratis
Aplikasi belajar di rumah yang efektif selanjutnya adalah Sekolahmu. Mengunjungi situs ini pun kamu bisa belajar di rumah gratis. Kamu hanya perlu daftar dan masa belajar di rumah sudah bisa dimulai. 

Terdapat empat fitur menarik untuk menjawab berbagai kebutuhan belajar kamu pada laman Sekolahmu ini. 

  • Tanyamu : Sebuah fitur untuk membantu para murid yang kesulitan dalam mengerjakan soal dan pekerjaan rumah. Tentunya dengan dibimbing oleh guru yang kompeten dari berbagai daerah di Indonesia.
  • Ujianmu : Fitur ini akan membantu para siswa untuk memahami pelajaran secara terstruktur untuk menghadapi berbagai ujian pendidikan.
  • Kelasmu : Fitur ini membuat kamu belajar di rumah lebih efektif dan kompeten melalui program blended learning.
  • Kariermu : Sebuah fitur untuk meningkatkan peluang karir, melalui program magang bersertifikasi.

Selain empat fitur menarik ini masih terdapat berbagai program lain yang menjadikan belajar di rumah tetap efektif dan menyenangkan.  

Berbagai fitur dan program ini bisa kamu akses dalam satu laman web yaitu www.sekolah.mu atau melalui aplikasi di play store : Sekolahmu.

Baca Juga:


Itulah 3 aplikasi online gratis yang bisa dimanfaatkan oleh guru maupun siswa untuk mendapatkan berbagai materi belajar di rumah yang lebih efektif. 

Belajar di rumah gratis tapi tetap berkualitas. Selamat belajar ya!

Saksikan juga video singkat, 6 Langkah Pencegahan Covid-19:

20 Responses to "Belajar di Rumah Mulai Bosan? Cobain Yuk, 3 Aplikasi Kece untuk Belajar Online Gratis"

  1. ketiga aplikasi ini startup semua yah mas? keren sih, semoga ke depannya maskin banyak startup2 begini, biar makin banyak pilihan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul... Semuanya Indonesia punya ini, dan pastinya gratisan ;)

      Delete
  2. Kereeenn.. masih banyak lagi aplikasi-aplikasi anak bangsa yang bisa dihandalkan saat ini
    #BanggaIndonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul... pemanfaatan teknologi khususnya internet di Indonesia sekarang sudah semakin canggih dan penuh manfaat positifnya

      Delete
  3. Saya udah coba aplikasi ini dan setelah liatt postingan ini, makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiiikkk... mari cintailah ploduk-ploduk Indonesia..Belajar di rumah aja sekang udah makin canggih dan gak membosankan

      Delete
  4. mantap nih, harusnya murid2 sekarang itu lebih belajar lebih keras, apalagi sudah seba canggih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul... belajar sekrang lebih praktis, bisa dimana aja dan kapan aja. Apalagi dengan menfaatkan berbagai apalikasi gratis untuk belajar dari rumah

      Delete
  5. keponakan saya juga belajar diaplikasi ruang guru, lumayan lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, di ruang guru itu ada yang gratis ada juga yang berbayar. KEbetulan link pada artikel ini adalah gratis program dari ruang guru pada masa pnademi COVID-19. Selamat belajar ya Kak buat keponakanya.

      Delete
  6. Aplikasi keren yg bisa membantu siswa belajar lebih baik. Apalagi di saat seperti ini, banyak siswa yg candu dengan hp. Maka aplikasi bisa jadi alternatif agar main hp bisa jadi menyenangkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya... dengan aplikaksi belajar gratis ini smartphone juga bisa dugunakan untuk belajar, selain sebagai hiburan dan media komunikasi

      Delete
  7. Meski ada wabah dan sekolah dilakukan dirumah, kita perlu senantiasa belajar supaya ada bekal ilmu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes. Setuju.. Belajar bisa dimana pun. Apalagi dengan menamfaatakan berbagai aplikasi gratis untuk belajar online

      Delete
  8. Mantap mas, dan setiap kartu pardana ada kuota gratis buat belajar online, sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju.. tinggal kita memanfaatkannya. Semuanya yang gratisan bisa memberikan dampak postif kalo kita menggunakannya untuk hal postif

      Delete
  9. sangat membantu sekali ketika saat kondisi seperti sekarang dimana pembelajaran di lakukan secaran online dan jarak jauh

    ReplyDelete
  10. Jadi ingat kemarin saya kuliah online, tapi pakai aplikasi bawaan google itu lho. Agak merepotkan sih sebenarnya, karena dulu-dulu kami masih pakai metode konvensional, eh karena corona mau tidak mau harus beralih hemm

    ReplyDelete

Gimana Artikelnya Gan? Tulis komentar di bawah ini ya !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mgid

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel mgid