Event: Open Call Pameran Daring 2020, Solidaritas Perupa Lawan Corona

Daftar Isi [Tampil]
Pameran Daring Solidaritas Perupa Indonesia Lawan Corona pada tahun 2020

Rubrikpena.com - Pandemi COVID-19 menuju pertengahan tahun tahun 2020 belum juga berakhir. Belum pula ada yang bisa memastikan kapan wabah corona ini akan berakhir sehingga kita bisa beraktivitas normal kembali.

Banyak hal yang kemudian menjadi terbatas untuk dilakukan atau bahkan terhenti akibat dari wabah virus ini. tak sedikit orang dengan beragam profesi yang terkena dampaknya. Misalnya, PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) secara besar-besaran terjadi dimana-mana. Berbagi profesi yang seharusnya mereka bekerja di luar ruangan menjadi terhambat dan tak bisa bekerja.

Akibatnya tak sedikit orang yang membutuhkan bantuan untuk menyambung hidup di tengah pandemi COVID-19.

Namun, tak selamanya suatu keadaan yang menimpa kita itu bernilai negatif saja. Dimana kita juga harus bisa melihat dari sisi yang lain untuk kemudian menemukan dimana nilai positifnya. Sehingga ditengah keadaan ini kita juga bisa tetap bersyukur dan tetap semangat menjalani kehidupan di tengah keterbatasan.

Pemerintah sendiri telah melakukan berbagai upaya untuk menanggulangi dan mencegah penyebaran COVID-19. Dari mulai kebijakan WFH (Work From Home), Sekolah di rumah, PSBB (Pembatasan Sosial Bersekala Besar) dan langkah-langkah lainnya termasuk memberikan bantuan kebutuhan pokok bagi masyarakat yang terkena dampaknya.

Kita pun sebagai masyarakat harus terus mendukung berbagai kebijakan pemerintah untuk melawan COVID-19, dan terus menebarkan pesan optimisme bahwa Indonesia bisa segera sembuh dan terbebas dari wabah virus corona.

Dalam kaitannya dengan kegiatan kesenian Indonesia di tengah COVID-19, tak sedikit para pelaku seni yang terkena dampaknya. Pemerintah pun tak tinggal diam untuk tetap memberikan perhatian pada bidang ini.

Yaitu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan akan menyelenggarakan sebuah kegiatan Pameran Daring 2020.

Kegiatan ini mengusung Tema “Menjaga Api Kehidupan dan Optimisme dalam Menghadapi Pandemi Global COVID-19”, dengan ini tentu diharapkan akan memicu semangat terkhusus kepada para pelaku seni untuk tetap berkarya dengan penuh semangat di tengah ketidakpastian akibat pandemi ini.

Peserta pada kegiatan ini adalah mereka para seniman baik perorangan atau kelompok dari seluruh wilayah Indonesia. Bahkan kegiatan ini juga terbuka untuk para seniman difabel. 

Jenis Karya pada Pameran Daring 2020

Ada jenis karya yang dapat diikutkan pada kegiatan pameran daring ini. Berikut adalah jenis karya yang bisa kamu daftarkan untuk mengikuti Pameran Daring Solidaritas Perupa Indonesia Lawan Corona:
  1. lukisan
  2. patung
  3. seni cetak
  4. fotografi
  5. seni video
  6. seni objek
  7. seni instalasi
  8. seni kriya
  9. gambar (drawing)
  10. seni performans
  11. animasi
  12. seni jaringan (net art)
  13. seni berbasis
  14. web (web art)
  15. seni lintas wahana, dan 
  16. seni media baru. 
Setiap karya yang dikirimkan tentu harus sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan pada buku petunjuk teknis kegiatan pameran.

Catat Tanggal Pentingnya

Tanggal Penting Pameran Daring Kemendikbud 2020
Pameran daring ini akan diselenggarakan mulai tanggal 10 Juli 2020 pada laman www.bumbung-seni.id dan kanal youtube budayasaya, dan @budaya_maju. 

Namun, sebelum itu ada tanggal-tanggal yang harus kamu ketahui. Sebagai bagian dari proses menuju pelaksanaan pameran daring ini:

  • Informasi undangan terbuka (open call) pengiriman karya seni: 16 Mei 2020 
  • Pengiriman karya: 16 Mei-10 Juni 2020
  • Seleksi oleh tim penilai karya : 11-25 Juni 2020
  • Pengumuman karya/peserta terpilih: 26 Juni 2020 
  • Pengunggahan karya pada laman: 29 Juni-9 Juli 2020 
  • Launching pameran daring: 10 Juli 2020 

Jika kamu berminat untuk mengikuti kegiatan ini, maka catat tanggal-tanggalnya dan pastikan ketika mengirim karya tidak lebih dari tanggal 10 Juni 2020 melalui laman berikut ini https://bit.ly/pdspilc. Segera Isi datanya dan unggah karyamu.

Keuntungan bagi Peserta Terpilih Pameran Daring

Berikut adalah hak yang akan diberikan oleh Direktorat PPK (Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan) Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan bagi para peserta yang lolos seleksi:

  • Berhak mendapatkan dana apresiasi sebesar Rp 4.000.000,- (empat juta rupiah) per karya (potong pajak 12%) dan sertifikat.
  • Berhak karyanya ditampilkan dalam laman www.bumbung-seni.id mulai dari tanggal 10 Juli 2020.
  • berhak mendapatkan hak cipta karya yang merupakan milik peserta.
___
Selanjutnya silahkan mengikuti berbagai ketentuan untuk pelaksanaan pameran daring ini. 

"Mari tetap berkarya, tetap menyebarkan optimisme kepada segenap masyarakat Indonesia dengan karya nyata. Indonesia Pasti Bisa!!!"
etunjuk Teknis Pameran Daring Solidaritas Perupa Indonesia Lawan Corona

Dilansir dari kebudayaan.kemdikbud.go.id. situs resmi Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, bagi kamu yang ingin mengikuti kegiatan Pameran Daring ini untuk bisa memahami persyaratannya melalui Petunjuk Teknis Pameran Daring Solidaritas Perupa Indonesia Lawan Corona, di sini. (atau klik pada gambar di atas).

Ikuti Juga Lomba : Ekspresi Tari Virtual 2020, dengan Total Dana Apresiasi 625 Juta (Deadline : 5 Juni 2020)

0 Response to "Event: Open Call Pameran Daring 2020, Solidaritas Perupa Lawan Corona"

Post a Comment

Gimana Artikelnya Gan? Tulis komentar di bawah ini ya !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mgid

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel mgid