Lister: Solusi Belajar Bahasa Asing Online untuk Menjawab Tantangan Era Globalisasi

Daftar Isi [Tampil]

Rubrikpena.com - Era globalisasi dengan diiringi pesatnya perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan saat ini mendorong semua orang untuk bisa memenangkan persaingan. Atau paling tidak bisa ikut mengimbangi untuk terus berjalan beriringan. Agar tidak mati tergerus zaman.

Di zaman ini, selain harus memiliki kemampuan dalam menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi (upgrade skill), yang juga tak kalah penting harus ditingkatkan dan bahkan dikuasai adalah kemampuan berbahasa asing.

Menguasai bahasa asing, berarti kita telah mampu membuka satu pintu gerbang untuk bisa menambah wawasan seluas-luasnya dari dunia internasional.

Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris

kursus bahasa inggris lister

Tidak hanya satu atau dua orang ahli yang mengatakan bahwa penguasaan bahasa asing selain dari bahasa ibu adalah satu hal yang penting. 

Misalnya adalah Johann Wolfgang von, seorang filsuf Jerman mengatakan, “Those who know nothing about foreign language, they nothing about their own.”

Mereka yang tidak tahu apa-apa tentang bahasa asing, mereka tidak tahu apa-apa tentang bahasa mereka sendiri.

Dan salah satu dari jutaan bahasa asing yang harus bisa dikuasai adalah bahasa Inggris. 

Yes, bahasa Inggris adalah bahasa internasional, bahasa yang global. Artinya dengan bahasa Inggris ini kita bisa berkomunikasi, berinteraksi, dan memahami sebuah pemikiran dari berbagai penjuru dunia.

Bisa jadi kamu sendiri merasakan betapa bahasa Inggris itu adalah bahasa yang cukup vital dalam menunjang semua aspek kehidupan saat ini.

Misalnya untuk mengakses jurnal ilmiah internasional, mencari informasi dunia, berkomunikasi, diplomasi, hingga kebutuhan pada persyaratan untuk bekerja di perusahaan besar. Untuk bisa mengakses semua ini perlu pemahaman bahasa asing minimal bahasa Inggris.

Itulah gambaran kecil pentingnya menguasai bahasa asing. Jadi, memahami bahasa Inggris itu tidak hanya akan berguna untuk kamu yang berniat kuliah atau traveling ke luar negeri.

Tapi selain dari itu semua, penguasaan bahasa Inggris ini amat penting dalam menghadapi era globalisasi yang dibarengi dengan perkembangan dunia digital yang terus melesat maju.

Belajar Bahasa Asing Online Langsung dari Ahlinya

kursus bahasa inggris online lister
Semua bahasa itu bisa dipelajari. Kuncinya adalah mau atau tidak untuk mempelajarinya.

Maka ketika kamu telah mengetahui betapa pentingnya peran bahasa asing dalam persaingan global, sekarang sudah saatnya upgrade kemampuan berbahasa mu!

Sekarang bukan saatnya mencari alasan, tidak punya waktu atau biaya yang cukup untuk belajar. Faktanya banyak kok, platform digital yang memberikan kemudahan dalam belajar bahasa Inggris secara online.

Cara belajar bahasa inggris online seperti ini akan lebih efektif. Karena materi pembelajaran bisa diakses dimana pun dan kapan pun. Selama terhubung ke jaringan internet.

Salah satu dari platform Digital English Academy yang menawarkan metode pembelajaran bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya secara online ialah Lister.co.id.

Bahkan Lister menawarkan metode pembelajaran efektif yang langsung dari ahlinya (live) dengan pemanfaatan teknologi video conference.  

Mengenal Lebih Jauh Lister.co.id

kursus bahasa inggris online lister
Lister merupakan sebuah perusahaan yang memberikan layanan belajar bahasa asing online di bawah PT. Lister Teknologi Edukasi yang telah didirikan pada bulan Juni 2020.

Lister memberikan kontribusi besar dalam hal peningkatan kualitas pendidikan anak Indonesia. Melalui layanan pendidikan secara digital untuk menembus ruang dan waktu dalam mengakses materi pembelajaran bahasa asing.

Platform digital kursus bahasa asing ini hadir untuk memberikan solusi atas kesulitan pemahaman bahasa asing. Seperti bahasa Inggris, Arab, Korea, Jepang, Jerman, Mandarin/China dan bahasa asing lainnya.

Kabar baiknya, Lister menyajikan metode pembelajaran yang inovatif dan berstandar internasional. Bahkan kurikulum yang digunakannya pun mengacu pada Common European Framework of References (CEFR).

15 Alasan Kenapa Harus Kursus Bahasa Inggris di Lister

kursus bahasa asing online lister
Memilih platform pembelajaran atau kursus bahasa asing tentunya kamu atau bahkan para orang tua harus selektif.

Harus tau kekurangan dan kelebihannya, metode seperti apa yang digunakannya, efektif atau tidaknya, siapa tutornya, apa saja programnya, hingga pada budget yang harus disiapkan untuk bisa mengakses semua materi pembelajarannya.

Nah, dari pada bingung mencari platform digital English Academy mana yang akan dipilih. Kamu bisa mempertimbangkan semua keunggulan yang ditawarkan oleh Lister.

1. Pendaftaran Anti Ribet dan Menjawab Kebutuhan

Sebagai platform kursus bahasa yang berbasis online, maka semua proses pendaftarannya pun dilakukan secara online. Kamu hanya perlu mengunjungi situs lister.co.id.

Selanjutnya kamu bisa menghubungi konsultan kursus Lister untuk berkonsultasi mengenai kebutuhan dari mengikuti kelas kursus bahasa asing.

Fasilitas ini diberikan agar tujuan mengikuti kursus bisa tertarget dengan materi pembelajaran yang juga sesuai dengan kebutuhan pesertanya.

Setelah berkonsultasi, kamu bisa langsung mendaftar dengan mudah dan bisa juga meminta panduan dari tim konsultan Lister.

2. Lister Menyediakan Jadwal Kelas yang Sangat Fleksibel

Sekarang belajar bahasa asing tidak harus ribet dengan datang ke tempat kursus. Kamu hanya perlu memesan kelas online via website lister.co.id.

Kemudian, gunakan aplikasi untuk mengakses materi pembelajarannya dimanapun dan kapanpun melalui aplikasi. Bahkan kamu bisa menentukan jadwal kelas yang fleksibel.

3. Didukung Penuh oleh Tim yang Standby 24 Jam

Lister telah menyiapkan tim konsultan khusus yang siap menjawab pertanyaan tentang kursus bahasa asing.

Bahkan terdapat tim support IT profesional yang online selama 24 jam, untuk menyelesaikan segala permasalahan yang mungkin timbul saat mengakses materi kursus bahasa asing.

4. Berkualitas Internasional

Kualitas materi adalah bagian penting yang harus ada dalam setiap materi pembelajaran. 

Inilah yang menjadi pertimbangan penting memilih Lister. Karena semua konten/materi pembelajaran yang disajikan oleh Lister mengacu pada standar Internasional, yaitu berdasarkan Common European Framework of Reference (CEFR). 

Kemudian, sumber-sumber materi yang disediakan Lister itu diambil dari penerbit termasuk Cambridge University Press, Macmillan, Pearson dan Longman & Oxford University Press.

Dengan materi pembelajaran yang berkualitas, Lister telah sukses dan terbukti berhasil membantu puluhan ribu siswa di seluruh Indonesia dalam memberikan pemahaman berbahasa asing.

5. Menghadirkan Kelas Live dan Interaktif

Lister menyediakan kelas yang bisa menyesuaikan dengan tujuan belajar bahasa yang diinginkan. 

Kamu bisa mengambil kelas online 1 on 1, kelas semi privat, grup kelas, atau belajar dengan kecepatan dan level kamu sendiri.

Fasilitas lainnya adalah setiap kelas online yang kamu ikuti akan direkam secara otomatis oleh sistem, sehingga kamu bisa mengulanginya kembali sampai kamu bisa benar-benar paham.

6. Diajari oleh Guru yang Terlatih, Bersertifikat dan Lulusan Luar Negeri

Guru, pelatih atau pengajar yang akan menyampaikan materi di Lister adalah orang-orang pilihan lulusan luar negeri yang telah tersertifikasi dan dipastikan memiliki kualifikasi yang mumpuni dalam menyampaikan pembelajaran bahasa asing.

Beberapa profil tutor yang akan memberikan materi pembelajaran bahasa asing di Lister diantaranya ialah:
  • Jelita Noviarini (IELTS Band Score 8, PhD Candidate University of Otago, New Zealand LPDP Awardee, Lived abroad for over 16 years)
  • Ahmad Ardillah Rahman (Master of Education, Monash University)
  • Nur Hafiz Abdurahman (IELTS Band Score 8, PhD Candidate Leicester University, UK, LPDP Awardee, 5 years experience as IELTS Tutor)
  • Komara Suhendar (The Australian National University | Master of General and Applied Linguistik)
  • Sirk Verelest, B.Eng (Tutor Native Lister, Canadian Native Speaker, Speaking and IELT Instructor, Expert in Business English)
Tentunya masih banyak nama-nama tutor lain yang memiliki profil yang tak kalah hebat dari deretan tutor di atas.

7. Tersedia Komunitas Pendukung

Komunitas pendukung ini adalah nilai plus yang dimiliki oleh Lister. Komunitas ini disiapkan untuk berkonsultasi dan saling support untuk bisa mencapai tujuan pembelajaran.

8. Harga yang Sangat Terjangkau

Lister hadir dengan memberikan inovasi pembelajaran, fasilitas yang memudahkan, materi yang berkualitas internasional yang bisa diakses selama 24 jam, dan segala support lainnya, ternyata memiliki harga yang juga sangat terjangkau.

Kamu bisa memilih jenis kelas yang bisa menyesuaikan budget atau berdasarkan pilihan kelas yang menurutmu menarik dan bisa memberikan materi pembelajaran yang lebih efektif.

9. Lister Peraih Penghargaan Launchpad 2020

Lister adalah salah satu penerima penghargaan DS LaunchpAd Graduate Class 001.2020 di Tahun 2020.

DS LaunchpAd merupakan program inkubator Startup. Dimana DS LaunchpAd adalah salah satu program yang menetaskan 100 startup teknologi dengan platform berbasis online secara bersama-sama.

10. Memberikan Kemudahan dalam Melakukan Transaksi Pembayaran

Fasilitas lain yang juga menjadi kelebihan dari Lister adalah dapat menerima pembayaran kelas bahasa melalui channel pembayaran digital. Seperti Transfer Bank, Kartu Kredit (Visa dan Mastercard), dan E-Wallet (GoPay, OVO dan DANA).

11. Lister Telah Digunakan Oleh Instansi Pemerintahan, Kampus dan Perusahaan Besar

Lister tidak hanya memberikan pelayanan bagi individu yang mau belajar bahasa asing. Tapi terdapat juga fasilitas training bahasa asing bagi karyawan perusahaan, kampus hingga instansi pemerintah.

Beberapa perusahaan, kampus dan instansi pemerintahan yang telah bekerja sama dengan Lister adalah:
  • Direktorat Jenderal Anggaran, Kementerian Keuangan RI
  • OJK (Otoritas Jasa Keuangan)
  • UNES (Universitas Negeri Semarang)
  • POLRI (Kepolisian Negara Republik Indonesia)
  • SIRCLO (Perusahaan penyedia jasa e-commerce)

12. Terdapat Banyak Pilihan Program Kelas

Lister menyediakan banyak program yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang kamu inginkan.

Ragam program yang tersedia misalnya adalah: Bahasa Inggris Anak, Belajar Bahasa Inggris, Bahasa Inggris Business, Bahasa Inggris Akademik, Belajar Speaking English, Test Preparation Program, Bimbingan Study Abroad, Training for Corporate.

Dari semua program yang disiapkan Lister ini kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan belajar. Sehingga dari program tersebut, semua materi di dalamnya pun akan langsung berfokus pada kebutuhan dan tujuan belajar.

13. Mentoring yang Berkelanjutan

Kelebihan lain ketika memutuskan memilih Lister sebagai partner belajar bahasa asing adalah bisa berkomunikasi dengan tutor di luar kelas.

Ini merupakan bagian dari pelayanan yang disediakan Lister agar peserta dapat tetap berkonsultasi langsung dengan tutornya meskipun di luar kelasnya.

Selain itu terdapat komunitas alumni yang akan saling memberikan support. Komunitas alumni yang disediakan oleh Lister dibentuk untuk tetap bisa berbagi ilmu, saling membantu, saling berbagi informasi seputar beasiswa hingga peluang kerja di luar negeri.

14. Sertifikat Kursus

Lister akan menerbitkan sertifikat bagi peserta kursus belajar bahasa asing online. Selain itu, pada akhir kursus kamu juga akan mendapatkan umpan balik dari guru/tutor/pelatih berupa penilaian atas tugas dan hasil latihan selama masa pembelajaran.

Hal ini tentu akan sangat berguna untuk mengukur sejauh mana kemampuan para pesertanya. Sekaligus bisa mendapatkan gambaran pada materi pembelajaran mana yang harus dilatih lebih intens.

15. Metodologi Komunikatif dan Interaktif

Metode pembelajaran yang diterapkan oleh Lister adalah komunikatif dan interaktif. Dengan penerapan metode ini, para peserta bisa lebih aktif dalam mempelajari setiap materi yang tengah disampaikan. 

Dalam pengertian lain, peserta yang mengikuti kurus bahasa asing online di Lister tidak hanya menjadi pendengar atau penonton setia saja.


Cara Kerja Kursus Bahasa Asing Online di Lister

Setelah mengetahui semua keunggulan belajar bahasa Inggris online di Lister. Maka yang selanjutnya wajib diketahui adalah cara kerja atau tahapan pembelajarannya. 

Berikut adalah tahapan kursus bahasa asing online di Lister:
tahapan kursus bahasa asing inggris online lister
  1. Kunjungi situs Lister.co.id.
  2. Komunikasikan kebutuhan dan tujuan dari mengikuti kursus online kepada tim konsultan Lister.
  3. Isi Form Pendaftaran
  4. Setelah mengisi form pendaftaran, peserta akan diajak untuk mengerjakan placement test. Tes ini dimaksudkan untuk mendapatkan level kelas yang sesuai dengan kemampuan peserta
  5. Setelah mendapatkan hasil placement test. Peserta akan mengikuti kelas tatap muka secara live melalui video conference apps yang sangat mudah digunakan
  6. Kemudian, untuk tahapan pembelajaran selanjutnya peserta dapat mengakses semua materi pembelajaran yang berkualitas selamanya via apps
  7. Setiap kelas online yang diikuti akan direkam secara otomatis oleh sistem. Menggunakan fasilitas ini peserta akan lebih mudah mereview kembali materi yang telah dipelajari.
  8. Jika menemukan kesulitan atau trouble dalam masa pembelajaran, Lister telah menyiapkan tim konsultan dan IT support profesional yang standby selama 24 Jam.
  9. Ikuti seluruh rangkaian pembelajaran, hingga mencapai tahapan terakhir.

Selanjutnya, Kamu juga bisa mendapatkan berbagai update informasi mengenai pentingnya menguasai basaha asing, informasi beasiswa kuliah di luar negeri dan ragam informasi penting lainnya yang disajikan Lister. Yakni dengan cara follow akun Instagram Lister.co.id.
      


Kesimpulan

Menguasai bahasa asing adalah salah satu hal penting dalam menghadapi persaingan global. Dan bahasa Inggris adalah salah satu bahasa asing yang harus dikuasai.

Sadar akan pentingnya penguasaan bahasa asing, Lister hadir sebagai solusi untuk memberikan pembelajaran/kursus yang efektif di era digital saat ini. Karena peserta kursus bisa bertatap muka langsung dengan pelatihnya dengan pemanfaatan media internet digital.

Peserta yang mengikuti kelas bahasa asing online di Lister pun dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang akan menambah efektifitas dalam masa pembelajaran, termasuk kualitas materi yang berstandar Internasional. 

Sudah saatnya Lister sebagai platform digital pembelajaran bahasa asing dikenal dan digunakan oleh masyarakat secara luas untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing dengan cara yang lebih efektif, efisien dan berkualitas.

Referensi:
_
Tulisan ini diikutsertakan pada Lister Blog Review Competition 2021 yang diselenggarakan oleh Lister.co.id, Platform Kursus Bahasa Asing Online. 

2 Responses to "Lister: Solusi Belajar Bahasa Asing Online untuk Menjawab Tantangan Era Globalisasi "

  1. Kelas online lagi marak ya sekarang ini, Lister salah satu kelas online yang saya cari mengingat kelas bahasa asing tidak banyak dan fasilitas Lister cukup oke

    ReplyDelete

Gimana Artikelnya Gan? Tulis komentar di bawah ini ya !

Iklan

Iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan