4 Alasan Kenapa Pilih Pantai Pangandaran untuk Berlibur

Daftar Isi [Tampil]
Jalan-jalan adalah salah satu cara terasik untuk melepas penat, dan pantai adalah salah satu tempat terindah untuk menikmati suasana alam. Jadi jalan-jalan di pantai adalah pilihan tepat untuk menikmati suasana alam sembari membebaskan diri dari segala rutinitas pekerjaan yang selalu dilakukan setiap harinya.


Kali ini saya memilih pantai Pangandaran untuk menghirup kesegaran udara pantai, dan saya pikir saya tidak salah pilih untuk menikmati liburan yang asik, lengkap dan murah di salah satu pantai yang selalu menjadi pilihan wisata alam di Jawa Barat.  Karena Pangandaran menjadi tempat yang cukup lengkap dengan berbagai wahana dan berbagai fasilitas yang ada.

Berikut adalah empat alasan kenapa Pantai Pangandaran bisa di jadikan pilihan untuk liburan di Pantai:

1. Transportasi Murah dan Mudah di Akses

Buat kamu yang ada di wilayah Jakarta atau Tangerang paling tidak ada dua pilihan transportasi menuju pantai Pangandaran, yaitu bisa naik kereta atau bus.

Awal tahun 2019 lalu Pemerintah melalui PT. Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan KA Pangandaran relasi stasiun Gambir-Bandung-Banjar (PP), namun sayangnya memang masih belum sampai ke Kab. Pangandaran yaitu cuma sampai ke stasiun Banjar. Jadi dari stasiun Banjar kamu harus naik lagi bus DAMRI atau angkutan umum lainnya. Waktu tempuh dari Stasiun Gambir, Jakarta ke Stasiun Banjar kurang lebih 7,5 jam dan jarak dari stasiun Banjar ke terminal Pangandaran masih 45 km lagi yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam. Harga tiketnya lumayan mahal sih yaitu Rp. 300.000,- ke atas, belum di tambah ongkos bus dari stasiun Banjar ke terminal Pangandaran.


Pilihan lainnya adalah Bus, kamu bisa berangkat dari stasiun Kampung Rambutan Jakarta atau dari beberapa PO (Perusahaan Otobus) yang berada di wilayah Tangerang. Karena lokasi saya lebih dekat dengan PO. Budiman di Tangerang jadi saya memilih menggunakan Bus Tangerang - Pangandaran dengan ongkos Rp. 130.000,- itu udah sampai di terminal Pangandaran, dan kabar baiknya lokasi terminalnya berada di sebrang pintu gerbang pantai Pangandaran. Jadi kamu bisa aja (kalo kuat, dan mau ngirit) jalan kaki menuju penginapan atau pantai dengan jarak 300-an meter dari terminal. Pilihan lainnya bisa naik becak dengan biaya kurang lebih Rp. 20.000,- udah termasuk tiket masuk ke pantai Pangandaran. Waktu tempuhnya yang tidak jauh berbeda dengan menggunakan kereta sekitar 9 - 10 jam perjalanan (tergantung macet atau enggaknya).

2. Penginapan Murah dan Banyak Pilihan

Buat para backpacker yang  mau cari penginapan murah meriah dan pemandangan pantai yang indah, Pangandaran memang salah satu pilihan tepat. Harga penginapan di sini memang cukup variatif dan banyak pilihan, dari mulai  harga Rp. 150.000,- kamu udah bisa dapet penginapan yang layak, nyaman dan pastinya tidak jauh dari pantai.



Pemesanan kamar, kamu bisa booking lewat aplikaksi traveloka, booking.com atau aplikasi lainnya, bisa on the spot, atau kalo kamu dari terminal naik becak biasanya para tukang becak itu punya referensi penginapan yang murah dan dekat dengan pantai. Mereka akan dengan senang hati mengantarkan kamu ke penginapan yang murah, aman dan nyaman.

Banyak banget pilihan penginapan di dekat pantai Pangandaran ini, dari mulai homestay hingga hotel berbintang. Tinggal kamu pilih mau base on budget atau base on pilihan lainnya.

3. Suasana Pantai yang Indah
 
Finally, tujuan akhirnya adalah menikmati suasana alam pantai, dan pantai Pangandaran ini menyuguhkan pemandangan pantai yang sangat indah. Pantai Pangandaran memiliki garis pantai yang cukup panjang sebagai pemisah antara pantai timur dan pantai barat. Masing-masih pantai ini memiliki kelebihan yang saling melengkapi untuk memanjakan para pengunjungnya.

instagram/mulkisalman
Dari pantai timur kamu bisa menikmati indahnya sunset di pagi hari, di sini kamu bisa menikmati berbagai wahana water sport yang bisa memacu adrenalin, seperti banana boat, jet ski, diving, fly fish, snorkling dan wahana lainnya. Sedangkan kalo kamu yang hanya ingin menikmati suasana pantai bisa memilih pantai barat. Di sini kamu bisa menikmati sunrise, bermain pasir dan berenang. Dalam hari yang sama kamu pun bisa menikmati keduanya karena jarak antar pantai timur dan barat itu hanya sekitar 15 menit dengan jalan kaki. Bisa juga dengan menyewa motor trail yang berada di sepanjang jalan di pantai barat, dengan tarif Rp. 50.000,- / per jam untuk ukuran motor trail sedang, dan Rp. 100.000,-/ jam untuk ukuran motor trail standar.

4. Cagar Alam dan Pasir Putih Pangandaran

Selain dari menikmati pantai barat dan timur Pangandaran, yang gak kalah menarik adalah wisata cagar alam dan pasir putih yang berada di area pantai Pangandaran. Kalo kamu yang ingin mencoba merasakan deburan ombak di Pangandaran sekaligus menikmati indahnya pemandangan bawah laut yang sangat menakjubkan kamu bisa naik perahu menuju pasir putih dan cagar alam dari pantai barat. Tapi kalo kamu gak berani naik perahu dan lebih suka dengan jalan kaki, kamu masih tetap bisa menikmati cagar alam dan pasir putih, yaitu dengan berjalan ke tepi pantai di sebelah utara pantai Pangandaran kemudian kamu akan menemukan pintu masuk wisata cagar alam Pangandaran.
instagram/mulkisalman

Yang menarik dari cagar alam adalah berupa wisata edukasi sejarah dan flora fauna. Ketika berkunjung ke cagar alam ini para wisatawan akan disuguhkan pemandangan alam yang hijau dengan deburan ombak, ada goa-goa menakjubkan yang cocok untuk wisata sejarah, kemudian banyak satwa penghuni cagar alam seperti kera ekor panjang, lutung, rusa, landak jawa dan berbagai jenis satwa lainnya yang ternyata tidak mengganggu para pengunjung bahkan beberapa satwa bertingkah lucu sebagai hiburan untuk para pengunjung.

instagram/mulkisalman
Berjalan menyusuri cagar alam, kamu bisa sampai di pantai pasir putih. Pantai Pasir putih ini menjadi salah satu primadona di Pangandaran dengan suasana pantai yang bersih dan masih masih sangat asri karena berada di kawasan konservasi cagar alam. Di pantai ini kamu bisa snorkeling untuk melihat lebih dekat terumbu karang dan biota laut pantai pasir putih Pangandaran. Satu lagi yang menarik di pantai pasir putih adalah adanya bangkai kapal penangkap ikan ilegal yang ditenggelamkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung, meskipun sekilas agak mengganggu pemandangan pantai yang indah.
Empat alasan ini lah yang bisa dijadikan dasar untuk memilih pantai Pangandaran sebagai pilihan objek wisata yang lengkap dengan berbagai keindahan alam dan fasilitas yang cukup memadai. Pantai Pangandaran menjadi salah satu tempat wisata yang cocok untuk honeymoon, wisata keluarga, study tour atau hanya sekedar menikmati suasana pantai untuk merefresh diri.

Selamat berlibur di Pantai Indah Pangandaran, Jawa Barat ! 

Penulis : fieck_taw

0 Response to "4 Alasan Kenapa Pilih Pantai Pangandaran untuk Berlibur"

Post a Comment

Gimana Artikelnya Gan? Tulis komentar di bawah ini ya !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mgid

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel mgid