6 Momen yang Paling Ditunggu di Bulan Suci Ramadan

Daftar Isi [Tampil]

#RamadhanMasaKini Ciptakan Momenmu yang Paling Berkesan !

Bulan Ramadan adalah bulan yang paling ditunggu kedatangannya oleh umat Islam. Di mana Ramadan itu identik dengan melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Selain itu, bulan Ramadan juga sering disebut dengan bulan suci yang penuh dengan keberkahan dan ampunan. Maka tak heran jika bulan Ramadan menjadi bulan yang paling dirindukan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

Selain keutamaan yang ada pada bulan Ramadan, banyak momen Ramadan yang selalu di tunggu-tunggu karena tidak bisa dilakukan pada bulan lainnya. Apa aja momennya? Simak Yuk !

1.    Munggahan

Tradisi munggahan sudah tidak asing lagi terdengar di berbagai kalangan. Karena tradisi ini hampir selalu dilaksanakan setiap menjelang bulan suci Ramadan. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai sebuah penyambutan dan ungkapan rasa syukur akan datangnya bulan yang penuh dengan keberkahan. 

Banyak kegiatan yang kemudian diidentikan dengan momen yang satu ini, dari mulai berkumpul kemudian saling meminta maaf, berziarah ke makam orang yang telah meninggal, makan-makan hingga berlibur bersama keluarga.

2.    Ajang Memperbaiki Diri

 
Ramadan adalah sebuah momen yang tepat untuk merenungi kembali kualitas ibadah. Karena salah satu tujuan adanya bulan suci ini sebagai media untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah seorang hamba. Sehingga setiap orang yang menjalani semua ritual ibadah selama Ramadan pada akhirnya diharapkan akan menjadi pribadi yang lebih baik dalam semua aspek kehidupan.


Ramadan sebagai bulan yang penuh ampunan juga perlu dimanfaatkan untuk memohon ampunan atas segala perbuatan dosa yang telah dilakukan. Sehingga ketika Ramadan telah berakhir, kualitas ibadah meningkat dan dosa yang lalu telah diampuni.



3.    Buka Bersama

Makan siang di hari biasa rasanya jauh berbeda jika dibandingkan dengan buka bersama di bulan Ramadan. Makanya buka bersama jadi momen yang selalu di tunggu, bahkan sudah diagendakan dari jauh-jauh hari.

Tak heran jika beberapa restoran, kafe atau warung makan selalu ramai dan penuh di jam buka puasa. Karena, ya inilah momen yang selalu di nanti untuk saling bersilaturahmi, saling berbagi cerita sambil makan-makan. Satu lagi, buka bersama juga akan menambah nilai pahala karena berbuka puasa adalah ibadah dan silaturahmi juga merupakan bagian dari ibadah, asal jangan sampai lupa aja shalat magribnya.


4.    Tunjangan Hari Raya (THR)

Momen yang satu ini mungkin begitu dinanti kedatangannya. Selain karena kebutuhan menjelang lebaran yang semakin besar, uang THR ini juga sering dijadikan sebagai andalan untuk berbagai keperluan lain atau bahkan berbagi kepada keluarga.

THR seolah menjadi momen wajib menjelang lebaran, bahkan ada lho Undang-undang yang mengatur tentang pemberian Tunjangan Hari Raya. Makanya tak aneh lagi kalo para karyawan mengharapkan dan menunggu-menunggu diberikannya uang THR ini.


5.    Mudik Lebaran


Tradisi masyarakat Indonesia khususnya bagi para perantau menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran adalah mudik alias pulang kampung. Momen ini yang paling  dinanti dan dipersiapkan dari jauh-jauh hari, terlebih bagi yang mudiknya naik transportasi umum seperti kereta api dan pesawat. Bagi yang mudik dengan kendaraan pribadi pun tentu akan antusias mempersiapkan kendaraannya untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama perjalanan.


Efek menjelang mudik adalah mulai tidak fokusnya bekerja, karena pikirannya sudah dalam perjalanan atau sudah berkumpul bersama keluarga di kampung halaman. Momen  ini juga yang selalu menjadi program khusus di berbagai media TV atau media online untuk berlomba-lomba memberikan informasi tentang mudik lebaran.


6.    Malam Takbiran


tirto.id/dadangustiawan
Puncak dari melaksanakan ibadah puasa Ramadan selama satu bulan penuh adalah Hari Raya Puncak dari melaksanakan ibadah puasa Ramadan selama satu bulan penuh adalah Hari Raya Idul fitri. Tapi sebelum esok melaksanakan shalat Ied, biasanya pada malam hari setelah buka puasa terakhir masyarakat selalu melaksanakan Takbiran.

Momen malam takbiran selalu menjadi momen yang paling ditunggu. Banyak kegiatan yang dilaksanakan dalam acara takbiran sebagai ungkapan rasa syukur telah selesai menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Pada momen malam takbir ini biasanya masjid-masjid ramai dengan kegiatan takbir bersama, ada juga yang melaksanakan kegiatan takbir sambil pawai obor mengelilingi kampung dan banyak kegiatan lain yang menjadikan momen takbiran ini selalu dirindukan.


Ramadan itu selalu dirindu karena punya kesan tersendiri. Enam momen inilah yang juga memberikan kerinduan pada bulan yang suci ini selain sejuta keutamaan yang ada padanya. Karena momen-momen seperti ini tidak bisa di temukan pada bulan-bulan yang lain. Maka tak heran Ramadan selalu menjadi bulan yang spesial.



Artikel ini telah terbit pada IDN Times Community
Penulis : fieck_taw

 

0 Response to "6 Momen yang Paling Ditunggu di Bulan Suci Ramadan"

Post a Comment

Gimana Artikelnya Gan? Tulis komentar di bawah ini ya !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mgid

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel mgid