Mampir, ke Masjid Cagar Budaya Nur Sulaiman Banyumas

Daftar Isi [Tampil]
Banyumas (4/27) - Jalan-jalan ke daerah-daerah di Indonesia kalo gak berkunjung ke tepat-tempat bersejarah atau ke tempat yang menjadi icon dan kebanggan masyarakatnya rasanya ada yang kurang, apalagi kalo gak bisa merasakan nikmatnya kuliner khasnya
Baca juga : Jalan-jalan ke Kampung Wayang Wonogiri
 
Gerbang masuk Masjid Agung Nur Sulaiman.
Tapi ada yang unik lho guys di Banyumas, (buat yang belum tau) kalo di Banyumas itu ada satu bangunan bersejarah yang sudah ditetapkan sebagai Bangunan Cagar Budaya di Banyumas, oleh Balai Pelestari Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tegah pada tahun 2004, dan  pastinya Masjid ini di lindungi Undang-Undang No. 5 Tahun 1992 dengan PP No. 10 Tahun 1993. Maka Dilarang mengurangi, menambah, mengubah, meimndahkan, mencemari, atau mengubah fungsi Benda Cagar Budaya. Menurut masyarakat di sana kalo benda-benda di Masjid ini gak ada yang KW, alias semuanya masih orisinil. Keren kan ?

Jadi kalo mau wisata sejarah atau wisata religi bolehlah berkunjung ke Banyumas, dan Masjid ini juga sangat mudah di jangkau aksesnya karena letaknya persis ada di sebelah barat Alun-Alun Banyumas. 

Interior Masjid dan terdapat Maksura (Tempat Solat Khusus Penguasa).
Menurut cerita sejarah dulunya Masjid ini bernama Masjid Agung Banyumas kemudian berubah nama menjadi Masjid Agung Nur Sulaiman.
Mesjid Agung Nur Sulaiman ini sudah seharusnya di jaga, dipelihara dan tentunya dimakmurkan dengan kegiatan-kegiatan ibadah, agar tetap pada fungsinya sebagai rumah ibadah dan sebagai situs benda Cagar Budaya di Banyumas yang memiliki nilai sejarah.

Penulis : [fieck_taw]

0 Response to "Mampir, ke Masjid Cagar Budaya Nur Sulaiman Banyumas"

Post a Comment

Gimana Artikelnya Gan? Tulis komentar di bawah ini ya !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mgid

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel mgid