Ukhti, Ini Alasan Sederhana Kenapa Kamu Harus Berjilbab

Daftar Isi [Tampil]
Wanita dalam kaitannya dengan agama Islam sangatlah erat, karena Islam begitu memuliakan seorang wanita yang salah satunya dengan adanya aturan mengenakan jilbab. Permasalahan jilbab ini selalu hangat di bicarakan, baik itu terkait dengan fashion, terkait dengan aturan jilbab dan bahkan sampai kepada pada fenomena hijrah seorang perempuan untuk menggunakan jilbab.

alasan harus berjilbab

Jilbab sendiri adalah sebuah aturan yang telah ditetapkan Allah dan tertuang dalam ayat-ayat-Nya. Maka sudah pasti bagi setiap insan muslimah menjadi suatu kewajiban untuk mengikuti dan melaksanakan dengan kesungguhan hati apa yang menjadi perintah-Nya. Tidak ada lagi tawar menawar, tidak ada lagi negosiasi terkait aturan yang sudah Allah SWT tetapkan. Kecuali ia adalah orang-orang munafik dan mengingkari ayat-ayat suci-Nya.

dalam kaitannya dengan jilbab seorang wanita, Allah tegas mengatakan dalam Q.S. An-Nur ayat 31
“Katakanlah (wahai Nabi Muhammad) kepada wanita- wanita mukminah, ‘Hendaklah mereka menahan pandangan mereka, dan memelihara kemaluan mereka dan janganlah mereka menampakkan hiasan (pakaian, atau bagian tubuh) mereka kecuali yang (biasa) nampak darinya dan hendaklah mereka menutupkan kerudung mereka ke dada mereka.” (QS. An-Nur: 31).
Ayat mengenai jilbab ini juga kemudian dipertegas dengan Hadits Nabi :
“Wahai anakku Fatimah ! Adapun perempuan-perempuan yang akan digantung rambutnya hingga mendidih otaknya dalam neraka adalah mereka itu di dunia tidak mau menutup rambutnya daripada dilihat laki-laki yang bukan mahramnya.” (HR. Bukhari & Muslim)

Dengan dua dalil ini saja seharusnya tidak perlu ada lagi keraguan bagai para wanita muslimah untuk menjalankan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kemudian dalam kesimpulan sederhananya apa sebenarnya yang menjadi alasan sebagai seorang wanita muslimah harus mengenakan jilbab ?

Bukti Taat kepada Allah dan Rasulnya

Tak ada hal yang akan menyelamatkan kita kelak di hari pembalasan nanti selain dari amalan kebaikan yang kita lakukan selama kita hidup di dunia ini. Keimanan dan ketakwaan seorang hamba tidak cukup hanya diucapkan melainkan harus sejalan dengan tindak-tanduk seorang dalam aktivitas kesehariannya.
 
Mengenakan jilbab bagi seorang muslimah adalah suatu kewajiban. Maka menjalankannya adalah bukti ketundukan seorang hamba terhadap aturan yang telah melekat padanya ketika ia telah mengikrarkan dirinya sebagai seorang manusia yang beriman dan mempercayai terhadap eksistensi Tuhan, Rasul dan tentu terhadap aturan yang telah ditentukannya.
Baca Juga : Jika Ingin Hidup Kaya, Menikahlah !


Nilai kebaikan seorang hamba muslim memang tidak hanya dangkal pada apakah ia mengenakan jilbab atau tidak. Tapi ketaatan terhadap aturan yang telah ditetapkan Allah dan Rasul-Nya yang tertuang dalam kalam Allah (Al-Qur'an) dan hadits Nabi akan menjadi dasar menujukan nilai ketakwaan kepada-Nya yakni sebagai bukti mengikuti dan menjalankan dengan sepenuh hati apa yang telah ditetapkannya.

"Dimana bumi dipijak disana langit dijunjung" 

Peribahasa ini tidak hanya memberikan makna tentang kita menghormati budaya, bukan hanya tentang kita mengikuti aturan yang kita berpijak padanya. Bukan hanya tentang aturan sekolah, kampus, perusahaan, atau bahkan adat istiadat yang kita berada pada lingkungan itu, tapi secara lebih jauh kita bisa memberikan makna bahwa saat ini kita berada di bumi Sang Maha Pencipta. Maka aturan yang tertinggi adalah aturan yang telah ditetapkan oleh yang Maha Memiliki atas dunia dan seisinya termasuk sang pemilik jiwa dan raga yang saat ini ruh kita ada padanya.

Maka tak ada alasan untuk sombong dan menentang terhadap apa pun aturan yang telah ditetapkan-Nya termasuk dalam kaitannya mengenakan jilbab bagi wanita muslimah. Satu hal yang perlu di yakini, Islam itu sebuah kesempurnaan. Maka yakin lah setiap aturan yang ditetapkan di sana mengandung kebaikan dan kemuliaan bagi siapa yang mau menjalankannya. Contoh kecilnya mengenakan jilbab bagi seorang muslimah bukan hanya berhenti pada masalah ketaatan atau ketakwaan, namun memiliki nilai yang lebih luas baik itu dengan kehormatan seorang wanita, adab sopan santun bahkan sampai kepada nilai kesehatan.

Dengan ini, kita akan menyadari betapa setiap aturan Allah yang kita jalankan dengan keikhlasan dan kesungguhan hati akan memberikan dampak yang kompleks bagi kita, terlebih balasan terbaik atas ketaatan itu ialah balasan dari-Nya baik untuk kehidupan kita di dunia saat ini dan semoga akan memiliki nilai pahala terbaik atas setiap ketaatan kita sebagai bekal untuk kehidupan yang sebenarnya di kampung akhirat.

Baca juga : 5 Cara Mudah Mengatasi Stres Karena Pekerjaan
Dan barangsiapa menta`ati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar (Q.S. Al-Ahzab : 71)

Penulis : fieck_taw

0 Response to "Ukhti, Ini Alasan Sederhana Kenapa Kamu Harus Berjilbab"

Post a Comment

Gimana Artikelnya Gan? Tulis komentar di bawah ini ya !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mgid

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel mgid