Covid-19 Menyerang, Berikut 4 Ajaran Islam untuk Mencegah Penyebarannya

Daftar Isi [Tampil]
Empat Ajaran Islam mencegah terjangkit virus corona covid-19

Rubrikpena.com - Merebaknya wabah virus corona  atau Covid-19 menjadi salah satu hal yang menakutkan bagi masyarakat dunia, begitu pun kita masyarakat yang tinggal di Indonesia. Karena virus ini telah ada dan mewabah di Indonesia. Dimana penambahan jumlah orang yang terkena virus corona ini semakin hari semakin meningkat. 

Namun, kita harus senantiasa berdoa agar terhindar dari wabah penyakit ini, kemudian tak lupa untuk selalu mendoakan saudara-saudara kita baik di Indonesia maupun di seluruh dunia yang terkena virus ini agar segera diberikan kesembuhan. 

Selain berdoa, hal lain yang bisa kita lakukan untuk terhindar dari wabah penyakit ini adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, dan menjaga lingkungan agar tetap bersih. 

Kemudian mengikuti himbauan pemerintah, para ahli kesehatan, bahkan anjuran yang telah ditetapkan oleh agama. Dimana Islam sendiri telah mengajarkan berbagai hal agar umatnya terhindar dari wabah penyakit, seperti halnya virus corona.


1. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Mengenai kebersihan, Islam begitu konsen untuk mengatur umatnya dalam hal menjaga kebersihan lingkungan. Karena jika kita berada pada lingkungan yang bersih, maka segala kuman atau virus pembawa penyakit paling tidak ia akan menjauh, dan sebaliknya jika kita berada pada lingkungan yang kotor, disana terdapat berbagai kuman dan virus yang akan membawa wabah penyakit. 

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Abu Daud, al-Nasai, dan Ibnu Majah  dikatakan. “Iman itu adalah 69 cabang.  Maka yang utamanya ialah kalimah La ilaha illa Allah (Tiada Tuhan yang Berhak Disembah Selain Allah) dan yang paling rendahnya ialah membuang kotoran dari jalan dan malu itu cabang dari keimanan”. (Hadis Sahih Muslim No. 51)

Islam begitu detail dan rinci dalam mengatur umatnya dalam berbagai aspek kehidupan. bahkan dari dari hal-hal kecil seperti membuang kotoran di jalan, sebagai bentuk kepedulian akan lingkungan yang bersih. 

Maka, menjaga kebersihan lingkungan adalah bagian dari pengamalan keimanan kita kepada Allah dan Rasul-Nya. Selain itu, menjalankannya pun akan berdampak positif pada lingkungan yang bersih dan pastinya menyehatkan. 

2. Menjaga Kebersihan Diri

Kita akan lebih nyaman ketika berada pada lingkungan yang bersih, pun dengan kawan-kawan yang senantiasa menjaga kebersihan dirinya. Begitu pula dengan kawan-kawan kita, mereka pasti akan lebih nyaman berinteraksi dengan kita saat keadaan diri kita bersih, baik itu pakaian ataupun bagian dari tubuh kita. 

Allah pun sama, menyukai orang-orang yang bersih dari segi fisik terlebih orang-orang selalu menjaga hatinya untuk tetap bersih menjaga keimanan dan ketaqwaan.

Terdapat sebuah hadis yang diriwayatkan dari Sa’ad bin Abi Waqas dari ayahnya, dari Rasulullah SAW, “Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkan lah tempat-tempatmu.” (HR. Tirmizi).

Sama halnya dengan menjaga kebersihan lingkungan, menjaga kebersihan diri adalah bagian dari pengamalan atas keimanan kita kepada Allah dan Rasul-Nya. Disamping itu kita yang menjaga kebersihan diri akan terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh kuman atau virus. 

Maka jagalah kebersihan diri masing-masing melalui berbagai cara, seperti membiasakan mandi, rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun, mengenakan pakaian yang bersih dan berbagai hal lainnya yang erat kaitannya dengan kebersihan diri. Kemudian jangan lupa untuk menjadikan wudhu sebagai bagian dari menjaga kebersihan diri.


3. Social Distance

Social Distance adalah salah satu langkah menjaga jarak sosial antar masyarakat dengan berdiam di rumah yang dimaksudkan untuk mencegah penyebaran virus corona. 

Dibatasinya berbagai aktivitas sosial seperti kegiatan sekolah, kuliah, dan bekerja, hingga tidak berjabat tangan dahulu adalah salah satu bagian dari implementasi social distance.

Social Distance ini menjadi penting karena korban dari wabah virus corona ini semakin hari semakin meningkat, dan dengan metode social distancing ini diharapkan akan mampu mengendalikan penyebaran virus yang saat ini tengah menyebar atau bahkan bisa menghentikan penyebarannya.

Dalam Islam social distance ini disebut dengan uzlah. dalam KBBI uzlah adalah  pengasingan diri untuk memusatkan perhatian pada ibadah (berzikir dan tafakur) kepada Allah SWT. Selama uzlah ini tentu banyak aktivitas keseharian menjadi terbatas, namun tentu banyak hal lain juga yang akan memberikan dampak positif jika kita memaknainya dari nilai-nilai positif.

4. Lockdown

Lockdown atau Isolasi adalah ajaran Nabi Muhammad SAW lho.  Seperti diriwayatkan dalam sebuah hadis: 
"Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya. Tapi jika terjadi wabah di tempat kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu." (HR. Bukhari)

Lockdown adalah situasi dimana suatu wilayah atau negara melarang warganya untuk masuk atau keluar karena kondisi darurat. Sama halnya yang telah dilakukan oleh beberapa negara untuk menjaga penyebaran wabah virus corona. 

Pengambilan langkah-langkah antisipasi terhadap virus corona di setiap negara memang akan selalu ada perbedaan. Dimana setiap negara akan memiliki pertimbangan masing-masing, baik itu dari keselamatan warganya, pertimbangan ekonomi bahkan mungkin pertimbangan politik. 

Namun, inilah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad ketika wabah penyakit tengah merebak di suatu wilayah atau dunia sekalipun.

Paling tidak keempat hal inilah yang diajarkan Islam di saat wabah virus corona merebak ke Indonesia. Satu hal lagi yang tak boleh dilupakan adalah berdoa dan berzikir kepada Allah yang maha memiliki dunia dan maha mengendalikannya. 

0 Response to "Covid-19 Menyerang, Berikut 4 Ajaran Islam untuk Mencegah Penyebarannya"

Post a Comment

Gimana Artikelnya Gan? Tulis komentar di bawah ini ya !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mgid

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel mgid