5 Cara Mudah Mengatasi Stres Karena Pekerjaan

Daftar Isi [Tampil]
Bekerja bagi kebanyakan orang adalah suatu keharusan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan menjalankan kewajiban untuk mencari nafkah. Rutinitas pekerjaan setiap harinya kadang menimbulkan rasa jenuh, namun pekerjaan harus tetap dilaksanakan untuk menunaikan tugas dan tanggung jawab.

Selain jenuh dengan rutinitas, pekerjaan dengan deadline, tekanan tinggi dan target-target yang harus dicapai terkadang membuat stres, hingga akhirnya pekerjaan yang harus diselesaikan akan terasa menjadi beban yang sangat berat.

Namun pekerjaan seberat apa pun, tentu harus tetap diselesaikan dengan sebaik-baiknya sebagai bagian dari tanggung jawab terhadap tugas yang telah diberikan. Sehingga kita harus mampu mengatasi tekanan dan beban pekerjaan yang membuat stres.
Lalu apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres itu ?

1. Menciptakan Suasana Kerja yang Baik

Jika membandingkan waktu kita saat bekerja di kantor dengan waktu kita di rumah beserta keluarga, waktu saat berada di tempat kerja (read: kantor) jauh lebih banyak. bahkan saat sedang bersama keluarga dan hari libur kadang sering ditelepon untuk urusan pekerajaan. Maka dengan menjaga atmosfer kerja yang baik akan membuat kita nyaman saat bekerja dan bahkan bisa saling membantu bahu-membahu untuk menyelesaikan setiap persoalan yang muncul saat bekerja.
Menjadikan kantor rumah kedua dan teman-teman/tim di kantor menjadi bagian dari keluarga adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga atmosfer lingkungan kerja tetap baik, karena bagaimana pun persoalan yang muncul saat bekerja akan saling merasakan dan pada akhirnya akan saling membantu, dan tentu dengan lingkungan kerja yang baik stres atas pressure dari pekerjaan bisa teratasi.


2. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik favorit sangatlah menyenangkan. Banyak penelitian yang kemudian mengatakan bahwa mendengarkan musik bisa mengatasi stres bahkan bisa dijadikan sebagai terapi untuk penyembuhan penyakit tertentu.



Maka saat stres itu muncul, sempatkan diri untuk mendengarkan musik favorit kamu atau musik-musik lain yang bisa membawa suasana hati menjadi lebih nyaman dan tenang. Sehingga stres itu bisa teratasi atau bahkan bisa hilang, dan akhirnya dapat merubah mood bekerja menjadi baik kembali.

3. Olahraga

Stres karena tingginya pressure dalam sebuah pekerjaan mungkin itu dianggap bisa bagi para pekerja yang terbiasa bekerja dengan dikejar-kejar deadline atau di kejar dengan target yang harus terus tercapai. Namun tahukah kamu, kalo stres itu berhubungan langsung dengan fungsi tubuh ? sehingga seorang yang stres berkepanjangan sistem kekebalan tubuhnya menurun dan pada akhirnya mengakibatkan ia mudah terserang penyakit.



Menggerakkan badan dengan olahraga adalah satu dari sekian banyak cara untuk mengurangi stres. Selain itu, banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dari kebiasaan berolahraga ialah meningkatkan mood yang lebih fresh, meningkatkan stabilitas emosional dan tentunya badan yang lebih sehat.  Mulai saat ini, mulailah menyempatkan diri untuk berolahraga disela kesibukan dengan berolahraga ringan, seperti berjalan kaki, jogging, bersepeda, bermain futsal atau olahraga lainnya sesuai dengan passion kamu. Karena meskipun tidak dalam kondisi stres berolahraga punya manfaat lain yang lebih banyak terutama untuk kebugaran tubuh sehingga tetap sehat dan semangat menjalani aktivitas.


4. Liburan

Tanggal merah yang berdekatan dengan waktu libur bekerja adalah waktu yang ditunggu-tunggu  kedatangannya. Misalkan bagi yang bekerja lima hari dalam seminggu (Senin-Jum'at), tanggal merah di hari Jum'at atau di hari Seninnya akan terasa sebagai anugerah, karena akan menambah waktu untuk beristirahat, berkumpul dengan keluarga, atau bahkan waktu yang tepat untuk melancong bagi para traveler yang bekerja kantoran.
Baca juga : Jalan-jalan ke kampung wayang



Manfaatkanlah waktu yang singkat untuk liburan, tidak perlu yang jauh dan mahal. Liburan dengan menikmati keindahan alam danau, curug, pantai atau pegunungan juga bisa menghilangkan stres. Konsep liburan "back to nature" sangatlah efektif untuk mengatasi stres, karena dengan melihat pemandangan alam yang indah serta udara yang sejuk sedikit demi sedikit akan mengurangi stres dan bahkan menghilangkannya. Pada akhirnya setelah liburan suasana stres menjadi fresh kembali dan siap untuk kembali bekerja.


5. Ingat Allah

Stres memang seringkali melanda orang-orang yang memiliki tekanan, baik itu tekanan atas penyelesaian suatu pekerjaan, kegagalan terhadap tujuan yang diinginkan atau realitas yang tidak sesuai dengan sesuatu yang diharapkan, dan masih banyak hal yang bisa membuat seseorang menjadi stres.
Namun percayalah sebagai orang yang beriman, Allah tidak akan memberikan cobaan di luar batas kemampuan hambanya. Maka sebenarnya tidak perlu ada yang dikhawatirkan atas segala persoalan yang muncul dalam kehidupan. Kita tinggal berusaha dengan segala kemampuan dengan cara yang baik, untuk hasilnya kita tinggal bertawakal kepada Allah. Karena sebaik-baik rencana adalah rencana Allah. Belum tentu yang baik menurut kita itu baik menurut Allah dan begitu pun sebaliknya, belum tentu yang baik menurut kita itu itu baik menurut Allah.
Baca juga : Tips Kaya Raya

Jadi alangkah baiknya kita senantiasa mendekatkan diri kepada Allah untuk mengatasi segala persoalan yang muncul dalam kehidupan. Baik itu persoalan pekerjaan, bisnis, keluarga dan segala persoalan lainnya.



Mengatasi stres dengan dekat kepada Allah paling tidak bisa dengan dua cara, yaitu Shalat dan membaca Al-Qur'an. Shalat selain sebagai doa juga bisa dimaknai sebagai cara untuk mengekspresikan kesyukuran kita kepada Allah.  Karena dengan doa dan syukur kita akan merasa lebih dekat kepada-Nya. Sedangkan dengan membaca Al-Qur'an akan membuat hati kita menjadi tenang, karena setiap huruf yang dibaca bernilai ibadah dan setiap ayat memiliki makna yang menjadi pedoman dalam langkah kehidupan yang kita jalani.

Baca juga : Hiduplah dengan tujuan, kemudian nikmati prosesnya!
Jika hati sudah dekat dengan-Nya maka akan timbul ketenangan jiwa untuk menghadapi berbagai persoalan hidup yang membuat stres. Maka jangan lupakan Allah dalam kondisi apapun, kalo kita dekat dengan-Nya jangankan stres segala kesusahan dalam kehidupan Allah pasti akan berikan solusi terbaik.


Saksikan juga video ringkasan artikel yang unik dan menarik:



0 Response to "5 Cara Mudah Mengatasi Stres Karena Pekerjaan"

Post a Comment

Gimana Artikelnya Gan? Tulis komentar di bawah ini ya !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mgid

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel mgid