Ini Alasan Kenapa Sandaran Kursi di Pesawat Harus Ditegakkan Saat Landing dan Take Off

Daftar Isi [Tampil]
Sering melakukan perjalanan dengan pesawat terbang ?
Perjalanan dengan menggunakan moda transportasi pesawat terbang saat ini merupakan solusi untuk memangkas waktu perjalanan jika dibandingkan dengan moda transportasi lainnya. Selain itu akan lebih menghemat tenaga karena waktu tempuh perjalanan yang cukup singkat.

Di Indonesia sendiri moda transportasi pesawat terbang mulai banyak diminati, terbukti dari data BPS (Badan Pusat Statistik) mengenai pengguna transportasi angkutan udara yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.
Bagi anda yang sering melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat baik itu perjalanan domestik maupun internasional pasti sering mendengar announcement ketika pesawat akan landing ataupun take off agar para penumpang untuk mengenakan seat belt, membuka penutup jendela, menegakan sandaran kursi, dan melipat meja. Mungkin bagi sebagian orang mengikuti announcement dari cabin crew adalah hal yang cukup malas, karena merasa kenyamanan saat berada di pesawat terganggu, apa lagi saat sandaran kursi saat sedang nyaman di rebahkan harus di tegakan. Namun tahukah anda, ada alasan kenapa sandaran kursi harus tegak ketika pesawat landing dan take off ?


Alasan utama untuk keamanan
Alasan utamanya ialah alasan keamanan, karena data menunjukan kecelakaan yang sering terjadi pada pesawat adalah saat pesawat mendarat dan lepas landas. Maka pada saat itulah petugas kabin menginformasikan untuk menegakkan sandaran kursi. Agar ketika terjadi keadaan darurat (read: /kecelakaan) tidak memperlambat atau bahkan menghambat evakuasi para penumpang. Maka dari itulah ketika sudah diinformasikan kepada seluruh penumpang para awak kabin pesawat (read : pramugari/a) selalu memastikan bahwa semua penumpang sudah menegakkan sandaran kursi. Ini juga yang menjadi alasan kenapa meja harus dilipat ke tempat semula.
Alasan lain pada waktu yang berbeda,
Menyandarkan sandaran kursi adalah hak bagi setiap penumpang yang ingin menikmati kenyamanan  fasilitas yang diberikan dalam perjalanan. Tapi jangan lupa, kita juga harus memperhatikan kenyamanan penumpang lain. Apakah penumpang yang di belakang kita akan merasa terganggu ketika kita menyandarkan sandaran kursi. 
Maka akan lebih baik meminta izin kepada penumpang di belakang kita ketika akan merebahkannya, dan tentu merebahkan seperlunya tidak terlalu berlebihan, sehingga tidak benar-benar mengganggu kenyamanan penumpang di belakang kita. Namun, sebaiknya jangan merebahkan sandaran kursi ketika sedang makan di pesawat, karena hal itu akan cukup mengganggu penumpang yang akan makan di belakang.

Kesimpulannya, adalah menegakan sandaran kursi dan melipat meja saat pesawat akan lepas landas dan mendarat adalah suatu keharusan untuk alasan keamanan, dan dalam keadaan pesawat sudah terbang tentunya boleh jika kita ingin merebahkannya, namun harus tetap memperhatikan kenyamanan penumpang lain di belakang kita.

Penulis : [fieck_taw]
Pict : pixaby

0 Response to "Ini Alasan Kenapa Sandaran Kursi di Pesawat Harus Ditegakkan Saat Landing dan Take Off"

Post a Comment

Gimana Artikelnya Gan? Tulis komentar di bawah ini ya !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mgid

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel mgid