Sering Salah Sebut, Apa Bedanya Asian Games dan Sea Games?

Daftar Isi [Tampil]
Jakarta - Sejak awal tahun 2018 pemberitaan di media massa baik media cetak, elektronik, media online, dan bahkan baliho-baliho di jalan ramai mensosialisasikan kepada masyarakat tentang #AsianGames2018, baik itu tentang persiapan, atlet, fasilitas dan semuanya yang berhubungan dengan pesta olahraga terbesar se-Asia. Asian Games tahun ini akan di selenggarakan di Indonesia tepatnya di Jakarta dan Palembang pada tanggal 18 Agustus sampai 2 September 2018.

Namun ternyata tidak sedikit masyarakat yang belum mengetahui Asian Games itu apa, dan pada akhirnya harus berlabuh mencari di Mbah Google. Setelah mendapatkan jawaban dari Mbah Google Asian Games adalah pesta olahraga se-Asia, permasalahan berikutnya adalah membedakannya dengan Sea Games, karena ada juga yang kemudian salah menyebut Asian Games malah Sea Games.
Lalu apa bedanya Asian Games dan Sea Games ?


#Cek Nama Eventnya
SEA Games kepanjangan dari (South East Asian Games), dari sini kita kemudian bisa menyimpulkan yang terlibat dalam event olahraga ini adalah negara-negara se-Asia Tenggara, yaitu ada 11 Negara : Indonesia, Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, Vietnam, Brunei, Filipina, Malaysia, Singapura, dan Timor Leste.
Kemudiain ASIAN Games adalah Perhelatan se-Asia. Maka negara yang ikut terlibat dalam event olahraga ini lebih banyak, yaitu se-Benua Asia, dan yang akan mengikuti Asian Games 2018 di Indonesia ada sekitar 45 Negara.
#Penyelenggaranya
Penyelenggara SEA Games adalah Southeast Asian Games Federation (Federasi Olahraga Asia Tenggara), sedangkan Asian Games diselenggarakan dibawah Olympic Council of Asia atau Komisi Olimpiade Asia. Beda kan ?

#Waktu Penyelenggaraan
Yang membedakan berikutnya adalah kurun waktu pelaksanaannya.
Sea Games dilaksanakan pada periode dua tahun sekali, pertama kali Sea Games dilaksanakan pada tahun 1959 di Bangkok, Thailand. Sedangkan Asian Games dilaksanakan dalam periode empat tahun sekali dan pertama kali di laksanakan pada tahun 1951 di Delhi, India.
Dalam dua event olahraga Internasional ini, indonesia pernah menjadi tuan rumah lho.
-Sea Games : Indonesia menjadi tuan rumah pada tahun 1979, 1978, 1997 dan 2011.
-Asian Games : Indonesia menjadi tuan rumah pada tahun 1962, dan tahun 2018 ini.
______
Gimana sudah bisa membedakan Sea Games dan Asian Games ?
Mari kita sukseskan bersama pesta olahraga terbesar se-Asia #AsianGames2018 di Indonesia. Paling tidak kita tidak salah sebut dan mengetahui event apa yang sedang terselenggara di Indonesia. ;)
Dan kita doakan semoga para atlet Indonesia yang berlaga pada #AsianGames2018 bisa meraih prestasi yang membanggakan bagi bangsa Indonesia serta mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.

Penulis : [fieck_taw]
Dari berbagai sumber

0 Response to "Sering Salah Sebut, Apa Bedanya Asian Games dan Sea Games?"

Post a Comment

Gimana Artikelnya Gan? Tulis komentar di bawah ini ya !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mgid

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel mgid