Pameran Seni Rupa Festival Bebas Batas 2019 : Meneroka Batas

Daftar Isi [Tampil]


Kegiatan besar itu kini sudah masuk ke tahun ke-2, dan akan diselenggarakan kembali di Kota Solo, Jawa Tengah. Ya, Festival Bebas Batas yang tahun lalu telah sukses dihelat di Jakarta tepatnya di Galeri Nasional Indonesia. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan Pemerintah (Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) yang memberikan ruang berekspresi pada bidang seni rupa bagi para perupa penyandang disabilitas.

Kegiatan ini semata untuk memberikan ruang ekspresi sekaligus apresiasi terhadap karya-karya seni rupa yang diciptakan oleh para seniman penyandang disabilitas. Tidak untuk membedakan, melainkan kegiatan ini untuk memberikan ruang yang sama dalam hal berkesenian.

Pameran Seni Rupa Festival Bebas Batas 2019 mengusung tema “Meneroka Batas” untuk menunjukan bahwa keterbatasan bukan hal yang mesti dihadapi dengan rasa iba dan memelas, melainkan dapat ditunjukan dengan karya nyata yang dapat merengkuh imaji serta rasa. Pameran ini juga menghadirkan karya dan wacana untuk mengintervensi kesadaran publik untuk meruntuhkan batas yang dibuat antara mereka yang dianggap normal dan tidak, antara non-disabel dan disabel.

Pameran pada Festival Bebas Batas ini terdiri dari pameran utama dan pameran pendamping. Dimana proses mendapatkan karya pada pameran pendamping ini cukup menarik, diawali dengan workshop di 4 Rumah Sakit Jiwa yaitu; RSJ Magelang, RSJ Surabaya, RSJ Palembang dan RSJ Bogor. Karya hasil workshop ini kemudian dikurasi oleh kurator dan dipamerkan pada tanggal 21-23 Oktober 2019 di Mall Solo Square.

Sedangkan proses mendapatkan karya pada pameran utama melalui proses open call, pameran ini akan dilaksanakan pada tanggal 10-15 November 2019 di Pendopo Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Selain itu, rangkaian pada perhelatan pameran utama ini juga akan diiringi dengan Workshop Lukis, Batik dan Gerbah di lokasi pameran dan Diskusi Seni dengan tema “Seni untuk Disabilitas” di Teater Kecil ISI Surakarta pada tanggal 11 November 2019.

Selamat Berpameran, Selamat Mengapresiasi Karya Seni !

0 Response to "Pameran Seni Rupa Festival Bebas Batas 2019 : Meneroka Batas"

Post a Comment

Gimana Artikelnya Gan? Tulis komentar di bawah ini ya !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mgid

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel mgid