Ciamis Cegah COVID-19, Berikut Daftar Himbauan untuk Masyarakat

Daftar Isi [Tampil]
ciamis lawan corona covid-19

Rubrikpena.com - Peningkatan jumlah orang yang terkena wabah virus corona di Indonesia ini cukup memprihatinkan. Data menunjukan peningkatan setiap harinya, meskipun ada pasien positif corona kemudian dinyatakan sembuh. Namun, kondisi ini membuat pemerintah mengambil langkah-langkah untuk mencegah semakin meningkatnya masyarakat yang terkena virus baru ini.

Pemerintah Kabupaten Ciamis juga serius menjaga warganya dari terpapar wabah virus corona. Langkah-langkah antisipasi telah dilakukan, seperti telah menunda berbagai kegiatan yang akan menghadirkan orang banyak, meliburkan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) yang kemudian digantikan dengan program belajar dari rumah, menutup tempat tempat wisata, dan langkah pencegahan lainya.

Misalnya dengan melakukan skrining kepada masyarakat yang mudik dari wilayah yang dianggap zona merah atau wilayah terjangkit corona, seperti Jakarta, Tangerang, Bogor, dan Bandung.

Baca Juga: Pantau Update Virus Corona di Indonesia dari Situs Resmi Pemerintah Pusat Hingga Daerah 

Berbagai langkah kebijakan pemerintah pusat hingga daerah kemudian membuat masyarakat yang bekerja di kota-kota besar terpaksa harus menghentikan lebih dahulu pekerjaan di luar rumah. 

Karena resiko akan terpaparnya virus corona ini menjadi semakin besar dan tentu menjadikan angka penyebaran wabah ini akan menjadi semakin meningkat.

Tidak sedikit memang warga Ciamis yang merantau ke berbagai wilayah di Indonesia, termasuk pada wilayah zona merah penyebaran virus corona, dan rata-rata mereka adalah pengusaha yang banyak melakukan pekerjaan di luar rumah, seperti Bengkel Las, Pedagang, Pabrik Kerupuk, dan berbagai profesi lainnya.

Karena kebijakan WFH atau work from home, dan physical distancing kemudian menjadikan warga perantauan tidak lagi bisa melakukan aktivitas pekerjaannya. Mungkin, daripada berada di kota tapi tidak bekerja, kemudian banyak yang memutuskan untuk mudik alias pulang kampung.

Hal ini kemungkinan juga dipahami oleh pemerintah kabupaten Ciamis, hingga kemudian perlu dilakukan pencegahan. Dimana, kita tidak pernah tau mereka yang mudik itu telah terpapar virus corona atau tidak. 

Karena bisa saja ia terkena wabah virus ini namun karena kondisi fisik dan daya tahan tubuhnya yang bagus ia tidak menunjukan gejala. Tapi dimungkinkan ia menjadi jalan penyebaran virus kepada keluarga, tetangga dan lingkungan tempat tinggalnya.

Maka warga ciamis yang terapaksa mudik disaat wabah COVID-19 menyebar, segeralah melakukan skrining kesehatan di pusat pelayanan kesehatan terdekat, dan lakukan langkah-langkah pencegahan agar terhindar dari wabah virus ini.

Klik disiniuntuk info lengkap tahapan skrining kesehatan cegah COVID-19 di kabupaten Ciamis berdasarkan pengalaman. 

Baca Juga: Virus Corona Menyebar, Lakukan 5 Langkah Ini untuk Mencegah Terjangkit

Nah, selain melakukan pencegahan dari masyarakat yang melakukan mudik. Terdapat beberapa antisipasi lain yang dikeluarkan oleh Bupati Ciamis mengenai COVID-19.
Berikut adalah surat edaran yang dikeluarkan oleh Bupati Ciamis.

sumber : ciamiskab.go.id

Saksikan video singkat, Tahapan Skrining Kesehatan Cegah CIVID-19 di Wilayah Ciamis:

0 Response to "Ciamis Cegah COVID-19, Berikut Daftar Himbauan untuk Masyarakat"

Post a Comment

Gimana Artikelnya Gan? Tulis komentar di bawah ini ya !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mgid

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel mgid