Pengalaman Skrining Kesehatan Cegah Covid-19 di Puskesmas Cipaku-Ciamis

Daftar Isi [Tampil]
skrining kesehatan cegah covid 19 di ciamis

Rubrikpena.com - Pemerintah Kabupaten Ciamis telah menerbitkan surat edaran tentang Skrining Kesehatan Covid-19. Kemudian direspon oleh seluruh Pemerintah Desa di Kabupaten Ciamis, yang salah satunya adalah Pemerintah Desa Pusakasari di wilayah Kecamatan Cipaku. 

Pemerintah Desa Pusakasari juga berkomitmen untuk mengantisipasi dan memutus mata rantai penularan virus corona. Khususnya dari masyarakat yang mempunyai riwayat perjalanan dari wilayah terjangkit untuk melakukan skrining atau pemeriksaan kesehatan ke Puskesmas Cipaku.

Baca Juga : Virus Corona Menyebar, Lakukan 5 Langkah Ini untuk Mencegah Terjangkit

Selanjutnya, adalah kesadaran dari masyarakat yang telah melakukan perjalanan dari wilayah yang memiliki riwayat terjangkit virus corona agar datang dengan sukarela ke Puskesmas Cipaku untuk melakukan skrining kesehatan.

Saya sendiri bekerja di Jakarta, yang menjadi salah satu wilayah terjangkit virus corona. Saya juga menjadi bagian dari masyarakat Desa Pusakasari yang terpaksa harus mudik karena keadaan mendesak. Maka saya pun datang dengan sukarela ke Puskesmas Cipaku untuk melakukan skrining kesehatan.


Baca Juga : Pahami ! Inilah Daftar Istilah Penting Tentang Informasi Virus Corona


Kenapa Harus Melakukan Skrining Kesehatan?

Bagaimanapun kita tidak pernah tahu, apakah kita terpapar wabah corona atau tidak, atau mungkin saja kita menjadi orang yang membawa wabah virus corona ini kepada keluarga, dan lingkungan. Tapi tentu berharap kekhawatiran ini tidak benar-benar terjadi.

Maka kita perlu melakukan berbagai langkah pencegahan agar tidak terpapar covid-19. Misalnya segera membersihkan pakaian yang kita pakai saat perjalanan mudik, mengurangi kontak fisik dengan keluarga, menjaga kebersihan, rajin mencuci tangan, menggunakan masker ketika flu, dan mengikuti peraturan pemerintah dalam hal pencegahan covid-19, salah satunya melakukan skrining kesehatan setelah bepergian dari wilayah terjangkit corona.

Baca Juga : Covid-19 Menyerang, Berikut 4 Ajaran Islam untuk Mencegah Penyebarannya

Berikut adalah pengalaman pribadi ketika melakukan skrining kesehatan di Puskesmas Cipaku.


Tahapan Skrining Kesehatan di UPTD Puskesmas Cipaku


  1. Masyarakat yang baru tiba dari luar kota segera datang ke Puskesmas Cipaku, yang beralamat di Jl. Raya Cipaku No.131, Buniseuri, Cipaku, Ciamis.
  2. Kemudian menghampiri bilik pemeriksaan skrining kesehatan covid-19, Lokasinya berada di luar ruangan dekat dengan ruang UGD Puskesmas.
  3. Ketika datang untuk pemeriksaan, dianjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun yang berada pada bilik pemeriksaan.
  4. Setelah mendapatkan giliran, selanjutnya akan diperiksa oleh petugas kesehatan
  5. Petugas kesehatan yang ramah juga akan membuat suasana pemeriksaan menjadi semakin menyenangkan. Top deh buat pelayanan Puskesmas Cipaku.
  6. Pada saat pemeriksaan kita akan ditanya nama, alamat tempat tinggal, tanggal kepulangan dari luar kota, dan berbagai pertanyaan mengenai adanya gejala covid-19, seperti demam atau tidak, sesak nafas atau tidak, dan pertanyaan lainnya.
  7. Setelah pemeriksaan, kita akan diberikan saran-saran oleh petugasnya untuk selalu menjaga kesehatan, minum vitamin, sering mencuci tangan, tidur yang cukup. Kemudian masih dalam langkah antisipasi penyebaran covid-19, tidak kontak fisik dengan keluarga, tidak makan atau minum pada gelas dan piring yang sama, dan berbagai tips pencegahan lainnya.
  8. Ketika telah selesai pemeriksaaan, kita akan diberikan kertas data ODP (Orang Dalam Pemantauan) dan dibawa pulang. Kemudian, disarankan untuk melakukan isolasi secara mandiri dirumah selama 14 hari.
  9. Terakhir, setelah 14 hari masa isolasi di rumah masing-masing kita dianjurkan untuk melapor ke pelayanan kesehatan terdekat, seperti Polindes atau Bidan. Baik memiliki gejala maupun tidak.
Itulah tahapannya, mudah dan tidak ribet. Ayo masyarakat Pusakasari dan masyarakat Ciamis, kita berperan aktif untuk mencegah penyebaran virus covid-19 dengan melakukan berbagai himbauan pemerintah salah satunya adalah melakukan skrining bagi masyarakat yang telah melakukan perjalanan mudik dari wilayah terjangkit corona. 

Baca Juga : Pantau Update Virus Corona di Indonesia dari Situs Resmi Pemerintah Pusat Hingga Daerah

Bersama-sama kita menjaga lingkungan kita tetap sehat dan jauh dari covid-19. Selanjutnya kita berdoa agar agar wabah virus ini segera berakhir, dan kita bisa beraktivitas normal kembali.

Saksikan juga video singkat terkait Tahapan Skrining Kesehatan Cegah Covid-19 di Wilayah Cipaku-Ciamis:

0 Response to "Pengalaman Skrining Kesehatan Cegah Covid-19 di Puskesmas Cipaku-Ciamis"

Post a Comment

Gimana Artikelnya Gan? Tulis komentar di bawah ini ya !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mgid

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel mgid