Tasikmalaya LOCKDOWN, Satu Langkah Pencegahan COVID-19

Daftar Isi [Tampil]

Rubrikpena.com - Walikota Tasikmalaya akan memutuskan lockdown lokal atau karantina wilayah. 
Dalam beberapa situs berita diinformasikan bahwa keputusan lockdown ini akan berlaku sejak Selasa tanggal 31 Maret 2020.

Dikutip dari regional.kompas.com bahwa di Tasikmalaya telah ada lima warga yang positif COVID-19. Sehingga walikota Tasikmalaya memutuskan untuk karantina wilayahnya sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona.

Sebelumnya juga telah beredar surat dari dinas perhubungan Kota Tasikmalaya untuk menghentikan operasional angkutan umum AKAP (Antar Kota Antar Provinsi), AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi), dan Angkutan Perbatasan baik yang masuk maupun keluar dari wilayah Tasikmalaya. Yaitu tertuang dalam surat Nomor: 550/03/DISHUB pada tanggal 28 Maret 2020.

Baca Juga: Ciamis Cegah COVID-19, Berikut Daftar Himbauan untuk Masyarakat

Karena memang terdapat beberapa perusahan bus besar yang bermarkas di wilayah Tasikmalaya. Misalnya adalah Bus Primajasa dan Budiman. Dimana Perusahan angkutan transportasi ini banyak melayani angkutan transportasi ke berbagai kota besar di Indonesia.

Termasuk ke kota-kota yang saat ini telah masuk zona merah COVID-19, yaitu Jakarta, Tangerang, Bogor, Bandung, Bekasi dan kota-kota besar lainnya.

Aturan ini tentu untuk kebaikan bersama, baik itu untuk warga Tasikmalaya bahkan untuk Indonesia agar kemudian angka penyebaran COVID-19 ini tidak terus meningkat.


Pemudik Tidak Bisa Lewat Tasikmalaya

Tak sedikit masyarakat yang bekerja di zona merah untuk memutuskan mudik, karena adanya kebijakan work from home untuk mencegah penyebaran virus corona. Sedangkan masyarakat yang berdomisili di Ciamis, Banjar, Pangandaran yang perjalanan mudiknya dengan angkutan umum biasanya akan melewati kota Tasikmalaya.

Namun, setelah keputusan Tasikmalaya Lockdown lokal atau karantina wilayah ini berlaku, tidak ada lagi pemudik yang bisa lewat atau masuk wilayah Tasikmalaya. Ketika kebijakan telah berlaku, akan ada pos-pos penjagaan di setiap titik akses masuk ke Tasikmalaya. 

Aturan ini berlaku tidak hanya untuk angkutan bus dan kendaraan lainnya. Bahkan informasinya akan ada larangan penurunan penumpang kereta api dan pesawat di wilayah Tasikmalaya.


Kebijakan untuk Melindungi Masyarakat

Setiap kebijakan pasti akan ada pro dan kontra, termasuk pada kebijakan Walikota Tasikmalaya untuk Lockdown. Tapi pastinya setiap produk kebijakan yang dikeluarkan telah melewati berabagai pertimbangan dan akan memiliki dampak yang besar untuk mayoritas masyarakat.

Baca Juga: Pengalaman Skrining Kesehatan Cegah Covid-19 di Puskesmas Cipaku-Ciamis 

Kebijakan Tasikmalaya Lockdown akan menjadi langkah pemerintah Kota Tasikmalaya untuk menjaga warga Tasikmalaya khususnya dari ganasnya penyebaran virus corona.

Kemudian dengan adanya langka ini kita juga semua berharap dan perlu mendukung sebagai bagian dari pemutusan mata rantai penyebaran virus COVID-19.

sumber foto: mojok.co

Saksikan Juga Video Singkat, 6 Langkah Mencegah COVID-19:

0 Response to "Tasikmalaya LOCKDOWN, Satu Langkah Pencegahan COVID-19"

Post a Comment

Gimana Artikelnya Gan? Tulis komentar di bawah ini ya !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mgid

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel mgid