6 Permainan Jadul Tahun 90an, Nostalgia Sekaligus Mengisi Waktu Saat di Rumah Aja

Daftar Isi [Tampil]

Rubrikpena.com - Permainan jadul tahun 90an, saat ini telah berubah menjadi berbagai permainan yang berbasis digital. Semaneraik apapun permainan anak jaman dulu, tentunya tidak cukup menarik untuk dimainkan oleh anak-anak jaman sekarang.

Anak-anak jaman sekarang lebih berminat untuk memainkan gadget yang terkoneksi dengan internet. Tapi, Ya itulah perkembangan. Tidak bisa dipaksakan anak-anak saat ini untuk memainkan berbagai permainan jadul tahun 90an. Karena kultur dan generasinya berbeda.

Tapi sesekali, kita yang rata-rata lahir pada tahun 90an bisa mengenalkan kepada anak-anak, adik-adik  dan saudara kita mengenai keseruan permainan tradisional pada masa itu. Meskipun kita rasanya akan menjadi tua. Tapi ya, itulah kenyataannya.

Kondisi saat ini, seluruh masyarakat dihimbau untuk #DirumahAja, atau menerapkan physical distancing, untuk mencegah corona atau COVID-19. Kondisi ini, kadang akan membuat bosan karena kita tidak bisa beraktivitas seperti biasanya.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengatasi Stres Karena Pekerjaan

Tapi, biar kamu di rumah gak bosen, sekaligus bisa lebih mengakrabkan diri dengan keluarga, kamu bisa mengingat kembali dan mengajak anggota keluarga di rumah untuk memainkan permainan tradisional tahun 90an. Nah, berikut adalah beberapa permainan jadul tahun 90an yang bisa dimainkan bersama kelaurga saat #DirumahAja.


1. Congklak

congklak permainan jadul
indoneisia.go.id
Permainan ini dimainkan oleh dua orang, dan kita bisa mengajak adik atau kakak kita untuk memecah kebosanan saat berada di rumah. Permainan ini menggunakan papan yang terdapat 16 lubang, yang terdiri dari 7 lubang kecil dan 1 lubah untuk masing-masing pemain. 

Kemudian pada 7 lubang kecil itu bisa diisi oleh batu-batu kecil, biji-bijian, atau kelereng sebanyak 7 biji. Kemudian mainkan, dan atur strategi untuk memenangkan permainan ini.


2. Bola Bekel

mainan jadul tahun 90an
youtube.com
Permainan jadul tahun 90an berikutnya adalah bermain bola bekel. Permainan ini bisa dimainkan oleh minimal dua orang. Perlengkapannya berupa bola karet dan biji bekel atau dikenal dengan istilah kuwuk. Dalam setiap permainan bisa menentukan jumlah kuwuk sesuai dengan kesepakatan. 

Permainan ini berbentuk kompetisi, dimana setiap pemain harus menyelesaikan tingkatan-tingkatan dan biasanya level tertingginya ada pada jumlah kuwuk yang dimainkan. Gak kalah seru kok dengan permainan jaman sekarang yang berkompetisi secara daring.


3. Karambol

permainan jaman dulu
youtube.com
Permainan karambol ini bisa dimainkan oleh 2-4 orang. Jaman dulu tidak semua orang bisa beli papan karambol. Paling 1 atau 2 orang saja yang punya papan ini. Jadi biasanya dulu orang yang di rumahnya punya papan ini akan selalu oleh teman-temannya untuk main karambol. 

Selain papan persegi empat yang terdapat 4 lubang di setiap sudutnya, permainan ini juga menggunakan cakram kecil atau biji karambol sebanyak 20 buah sebagai pengganti bola kalo pada permainan bilyard. Mainkan permainan ini di rumah, dan jangan lupa gunakan bedak untuk membuat licah biji karambolnya, sekaligus bisa digunakan untuk nyoret muka pemain yang kalah. Seru deh pasti.

Saat ini di beberapa wilayah papan karambol masih ada. Bisanya dijual di toko-toko Alat Tulis atau Fotocopy yang terbilang besar. 


4. Karet Tangan

permainan jadul tahun 90an
youtube.com
Permainan karet tangan adalah jenis permainan yang tergolong sangat murah meriah. Karena biasanya setiap rumah punya karet. Apalagi kalo Ibu pulang dari pasar biasanya ada saja belanjaan yang diikat pakai karet gelang.

Nah, karet gelang inilah kita bisa kita gunakan sebagai modal alat untuk bermain karet tangan. Permainan ini menggunakan 1 atau banyak karet dalam setiap permainan. Tergantung dari  bentuk apa yang ingin dibuat, misalnya bentuk bintang, jembatan, atau huruf-huruf.

Permainan ini murah tapi membutuhkan kreatifitas untuk menciptakan berbagai bentuknya.


5. Ular Tangga dan Ludo

ludo permainan jadul tahun 90an
idntimes.com
Perlengkapan untuk memainkan ini hanya bermodalkan kertas segi empat yang ada gambar tangga dan ular kemudian pada setiap kotaknya terdapat angka. 

Nah, untuk menjalankannya setiap pemain harus melempar dadu kemudian berjalan sesuai dengan angka yang keluar, dan kalo perhitungan angka terakhirnya tepat pada tangga maka si pemain bisa langsung naik. Tapi kalau hitungan angka terakhirnya tetap pada ekor ular, maka si pemain harus turun sampai kepala ular.

Dulu biasanya kalo beli kertas permainan ular tangga di baliknya ada permainan ludo. Ludo biasanya dimainkan oleh 2-4 orang, prinsipnya sama dengan ular tangga yaitu lempar dadu, tapi tidak ada ular dan tangga melainkan dulu-duluan masuk ke kolom akhir.

Kamu bisa menguji jiwa kompetisi dan kejujuran kamu dan keluarga di rumah dengan dua permainan jadul ini.


6. Monopoli

permainan jadul monopoli
soulofjakarta.com
Permainan tradisional anak jaman dulu berikutnya adalah, Monopoli. Tak jauh berbeda dengan ular tangga dan ludo, dimana permainan ini juga menggunakan kertas sebagai arena permainan dan melempar dadu untuk menjalankannya.

Namun, permainan ini lebih kompleks dimana terdapat beberapa perintah, dan serunya permainan ini juga dilengkapi dengan uang mainan untuk membeli petak pada arena permainan. 

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini di Pagi Hari, Agar Aktivitasmu Lebih Energik !

Itulah berbagai permainan jadul tahun 90an yang bisa kamu mainkan kembali saat ini. Mengenalkan, mengisi waktu dan sesekali bisa berinteraksi secara langsung dengan pemain, yaitu anggota keluarga kamu sendiri. 

Siapa tau bisa sesekali melupakan gadget yang tak pernah lepas dari pagi hingga malam hari. Ya, meskipun beberapa permainan ini bisa juga kamu temukan pada berbagai aplikasi permainan di gadget kamu.

Saksikan video pilihan, Tips Menghilangkan Stres Karena Pekerjaan:

0 Response to "6 Permainan Jadul Tahun 90an, Nostalgia Sekaligus Mengisi Waktu Saat di Rumah Aja"

Post a Comment

Gimana Artikelnya Gan? Tulis komentar di bawah ini ya !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mgid

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel mgid