Kenali Rapid Test Corona, Kemudian Ikuti Tips Mudah Melakukannya!

Daftar Isi [Tampil]
rapid test corona
Rubrikpena.com -
Beberapa daerah di Indonesia mulai memberlakukan kebijakan new normal atau kenormalan baru. Namun data secara nasional angka sebaran akibat virus ini masih menunjukkan peningkatan setiap harinya. 

Maka langkah-langkah pencegahan wabah ini masih harus terus dilakukan. Misalnya dengan melakukan rapid test atau tes cepat. 

Rapid test dilakukan sebagai salah satu cara untuk mengetahui adanya kemungkinan virus pada seseorang. Di Indonesia rapid test menggunakan sampel darah untuk mendeteksi kadar antibodi imunoglobulin terhadap virus dalam tubuh.

Rapid test covid ini menjadi penting, yaitu sebagai langkah awal untuk pemetaan potensi penyebaran virus corona. Sehingga ketika seseorang telah melakukan tes, petugas kesehatan bisa segera melakukan tindakan kesehatan lanjutan yang tepat. 

Apa itu Rapid Test?

rapid test halodoc
foto: shutterstock
Rapid test merupakan salah satu jenis pemeriksaan untuk mendeteksi adanya infeksi virus corona dalam tubuh. Dimana pemeriksaannya dilakukan dengan mengambil sampel darah dari ujung jari. Hasil dari pemeriksaan ini adalah reaktif atau non reaktif.

Namun yang perlu dipahami, hasil dari rapid test corona bukan dasar yang pasti seseorang yang reaktif atau non reaktif itu terpapar virus corona. 

Melainkan rapid test ini dilakukan untuk mendeteksi apakah ada atau tidaknya di dalam darah antibodi IgG (Immunoglobulin G) dan IgM (Imunoglobulin M) yang bertugas melawan virus Corona. 

Kedua antibodi ini diproduksi secara alami oleh tubuh ketika seseorang telah terpapar virus corona. Untuk diketahui, bahwa antibodi adalah protein yang dibentuk oleh sistem kekebalan tubuh manusia untuk melawan virus, bakteri, dan benda asing lainnya.

Maka rapid test ini bisa dikatakan sebagai skrining awal pemeriksaan adanya infeksi virus corona di dalam tubuh seseorang. Bukan mendiagnosa positif atau negatif dari terjangkit virus corona.

Cara Melakukan Rapid Test

cara rapid test drive thru halodoc
gambar: halodoc.com
Nah, untuk kamu yang ingin melakukan rapid test tidak perlu bingung lagi. Di zaman serba digital ini, kita bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk pelbagai kebutuhan kita. Termasuk ketika ingin melakukan rapid test corona. 

Khususnya untuk kamu masyarakat yang tinggal di Jabodetabek, sekarang telah hadir sebuah layanan yang akan memberikan kemudahan ketika ingin melakukan rapid test tanpa ribet atau ngantri berjam-jam.

Yaitu, Rapid Test Drive Thru. Sebuah program yang diluncurkan oleh platform layanan digital kesehatan Halodoc. 

Mekanisme ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk melakukan rapid test. Sekaligus sebuah langkah mendukung pemerintah dalam penanggulangan COVID-19.

Program ini kemudian diharapkan akan memberikan kemudahan dan rasa aman kepada masyarakat, karena prosedur pelaksanaanya sesuai himbauan pemerintah untuk melakukan physical distancing.

Caranya pun sangat mudah, yaitu kamu tinggal mengakses sebuah aplikasi layanan kesehatan di smartphone kamu, yaitu aplikasi Halodoc.

Berikut cara untuk melakukan Rapid Test Drive Thru Halodoc di Rumah Sakit pilihan:

  1. Buka aplikasi Halodoc, pilih Tes COVID-19.
  2. Pilih Lokasi Rumah Sakit yang terdekat dari tempat kamu tinggal dan pastikan Rumah Sakit yang kamu pilih terdapat layanan Tes COVID-19 (RS. Mitra Keluarga, RS. Mayapada Hospital, RS. St Carolus, dan Primaya Hospital). Di sini kamu bisa sekaligus memilih paket layanan tesnya, dan harga yang akan kamu bayar (Biaya bergantung pada jasa tenaga medis dan penyediaan alat yang diberikan oleh pihak Rumah Sakit).
  3. Pilih buat janji, kemudian tentukan kapan tanggal dan waktu yang kamu inginkan.
  4. Kemudian isi data diri (nama dan tanggal lahir) dan unggah foto identitas kamu (KTP, SIM atau paspor).
  5. Langkah selanjutnya, kamu masuk kepada tahap pembayaran dan lakukanlah pembayaran.
  6. Setelah berhasil, selanjutnya kamu akan menerima SMS konfirmasi mengenai jadwal tes dan detail pesanan (bukti SMS konfirmasi ini harus kamu ditunjukkan kepada petugas medis saat melakukan rapid test).
  7. Ketika jadwalnya telah tiba untuk melakukan rapid test, pastikan kamu datang tepat waktu, memakai masker, dan membawa identitas asli (KTP, SIM, paspor atau KK untuk anak di bawah umur).
  8. Ketika pemeriksaaan telah selesai, kamu gak perlu nunggu hasilnya. Karena hasil rapid test akan dikirimkan melalui notifikasi di aplikasi Halodoc atau via sms.
Itulah beberapa langkah mudah jika kamu ingin melakukan Rapid Test Drive Thru melalui aplikasi Halodoc.

Buat kamu yang belum tau, Halodoc merupakan sebuah aplikasi layanan kesehatan berbasis digital. Melalui aplikasi ini, kamu bisa chat dokter secara online untuk konsultasi mengenai sebuah kondisi kesehatan. 

Bahkan ketika dokter telah mendiagnosis gejala kesehatan kamu, dengan aplikasi ini pun kamu bisa membeli obat sesuai resep dari dokternya.

Ini merupakan inovasi yang akan memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam hal mendapatkan pelayanan kesehatan. Ketika melakukan pendaftaran pada aplikasinya pun sangat mudah, yaitu kamu hanya perlu memasukan nomor handphone saja, dan bisa langsung menggunakannya.

Kalo kita bisa mendapatkan layanan kesehatan yang mudah dan kekinian, kenapa harus cari yang ribetkan? Termasuk ketika kamu ingin mendapatkan kemudahan ketika berencana melakukan rapid test COVID-19. 

Maka, pastikan aplikasi Halodoc ini ada di smartphone kamu ya!

Saksikan juga video tentang Rapid Test Drive Thru Covid-19:

11 Responses to "Kenali Rapid Test Corona, Kemudian Ikuti Tips Mudah Melakukannya!"

  1. Era digital, semua bisa diselesaikan melalui aplikasi digital melalui gadget, keren ini aplikasinya, jadi kita gak perlu antri2

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget,, itulah mudahnya rapid test di era digital melalui palikasi halodoc

      Delete
  2. Rapid test berlakunya cuma 3 hari kan ya..
    Klo swab mahal katanya.. hehehehe

    Tio-iotomagz

    ReplyDelete
  3. Katanya mahal ya gan ? Berapa ya biayanya ? BTW Mksh gan artikelnya sukses selalu ...

    LITERACY MILITER

    ReplyDelete
  4. Kalau di daerah jawa timur gimana gan ya ? Khususnha di daerah surabaya ?

    ReplyDelete
  5. Katanya mahal ya gan, sekitar 300-an. Tetapi ada informasi terbaru bahwa rapid di puskesmas lebih murah gan. Gimana ya...

    ReplyDelete
  6. Halodoc menjawab semua keluhan di bidang kesehatan. Mau ikut rapid test? Bisa banget ya kak lewat halodoc keren dah hihi

    ReplyDelete
  7. makasih gan atas infonya, baru tahu kalau sudah ada aplikasinya. Biar nggak antri lama-lama. keren aplikasi halodocnya, mantap.

    ReplyDelete
  8. Hasil dari Rapid test banyak meragukan. Di daerah saya, 100 orang yg ikut rapid tes, 25 reaktif. Tetapi setelah di swab test tidak terkonformasi covid-19 😆

    ReplyDelete
  9. rapid test sekarang seperti hal yang wajib yah, apalagi saat mau pindah berkunjung ke daerah lain

    ReplyDelete
  10. artikel yang menarik dalam dunia kesehatan, semoga kita terhindar dari covid 19 #Amin_Yarobbal_Alamin

    ReplyDelete

Gimana Artikelnya Gan? Tulis komentar di bawah ini ya !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mgid

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel mgid