Jangan Putus Asa! Rahmat Allah itu Begitu Luas

Daftar Isi [Tampil]
rahmat allah

Rubrikpena.com - Hidup adalah sebuah perjalanan. Siapa pun yang tengah mengarungi kehidupan di dunia ini pasti akan menemui lika-liku dalam setiap prosesnya. Naik turun, jatuh bangun dan berbagai ujian lainnya.

Proses perjalanan hidup menjadi satu hal yang kemudian harus dilalui. Karena setiap problematika dalam setiap kehidupan itu adalah atas ketentuan Allah SWT.

Sebagaimana dalil Al-Qur’an yang menjelaskan tentang ujian bagi manusia:
qs al-ankabut ayat 2-3
Sebagai orang yang beriman, dalam ayat ini kita diingatkan bahwa segala ujian itu datangnya dari Allah. Maka ketika menghadapinya pun perlu melibatkan Allah sebagai solusi dari setiap ujian itu. Tidak lantas memohon pertolongan kepada manusia atau makhluk Allah lainnya.


Ujian adalah Sunatullah

ujian adalah sunatullah, rahmat allah
Mengarungi kehidupan di dunia ini tak pernah lepas dari terpaan berbagai cobaan atau ujian. Siapapun Ia, apapun jabatannya, apapun profesinya dan dimanapun ia menjalaninya, dipastikan akan menerima ujian dalam kehidupannya.

Kadar dari ujian itu pun berbeda-beda. Sehingga terkadang beratnya beban seorang dalam menjalani hidup dihampiri oleh perasan menyerah dan putus asa.

Bangkrut, PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), dan berbagai kegagalan lainnya adalah pemicu dari perasaan putus asa. Namun, satu hal yang kemudian harus kita ingat adalah, tidak ada orang sukses yang tidak pernah mengalami kegagalan.

Sehingga dengan kesadaran ini, kegagalan adalah sebuah pembelajaran yang akan mengantarkan pada jalan kesuksesan. Dengan catatan kita tidak berputus asa atas kegagalan itu.

Dalam mengartikan sebuah ujian, rata-rata dari kita menafsirkan bahwa sebuah ujian itu adalah sebuah penderitaan. Faktanya, Allah pun memberikan ujian kepada manusia itu dalam bentuk kesenangan duniawi. Misalnya ujian itu berupa kedudukan yang tinggi, harta yang berlimpah, anak, dan berbagai kesenangan lainnya.

Namun apapun bentuk ujiannya, yang senantiasa harus kita ingat adalah jangan pernah timbul perasaan putus asa dari rahmat Allah. Karena setiap ujian yang menghampiri bukan sebuah kebetulan, melainkan semuanya atas izin-Nya.

Jangan Berputus Asa dari Rahmat Allah

memohon rahmat allah

Ketika perasaan menyerah dan putus asa menghampiri. Yakinkan pada diri kita bahwa putus asa bukan pilihan. Karena masih banyak jalan untuk bangkit kembali dari sebuah kegagalan.

Apalagi sebagai orang beriman, jangan pernah ada kata putus asa karena rahmat Allah itu amat luas. Selain itu, ada sebuah konsekuensi dari janji Allah yang harus kita bayar ketika kita berputus asa, yaitu azab dan tidak lagi mendapatkan pertolongan dari-Nya.

Berikut adalah dalil larangan berputus asa dari rahmat Allah yang terdapat dalam Al-Qur’an surah Az-Zumar: 53-54:
qs surah az-zumar ayat 53-54

Maka sesungguhnya jalan terbaik untuk menghadapi berbagai ujian hidup itu ialah mendekat kepada-Nya, dengan jalan berusaha, berdoa, kemudian bertawakal.

Baca Juga:
Sehingga ketika kita menghadirkan Allah dalam kehidupan, tak akan ada lagi alasan untuk menyerah dan putus asa dari beratnya ujian kehidupan.

Selanjutnya, kita senantiasa berharap rahmat Allah itu akan selalu hadir dalam setiap langkah perjalanan hidup yang kita jalani di dunia ini. 

Video :  Meraih Kenikmatan Melalui Majelis Ilmu - Ust. Hanan Attaki

0 Response to "Jangan Putus Asa! Rahmat Allah itu Begitu Luas"

Post a Comment

Gimana Artikelnya Gan? Tulis komentar di bawah ini ya !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mgid

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel mgid