Rezeki Lagi Sulit? Bacalah Doa Minta Rezeki ini, Agar Rezekimu Mudah dan Berlimpah

Daftar Isi [Tampil]
doa minta rezeki berlimpah

Rubrikpena.com - Mendapat kemudahan rezeki adalah suatu hal yang tentu diinginkan oleh semua orang. Tapi, tak setiap keinginan menjadi kenyataan. Tentu harus ada usaha-usaha yang perlu dilakukan termasuk berdoa untuk kemudahan rezeki itu sendiri.

Namun, satu hal yang perlu diyakini. Bahwa setiap manusia yang ada muka bumi ini memiliki rezekinya masing-masing atas tanggungan Allah SWT.

Sebagaimana Allah berfirman:


وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا

"Tidak ada satu pun yang bergerak di muka bumi ini kecuali Allah yang menanggung rizkinya"(QS. Hud: 6)

Maka memahami ayat ini kemudian kita menjadi yakin bahwa setiap makhluk di muka bumi ini telah Allah berikan jatah rezekinya. Apalagi kita sebagai manusia yang diberikan akal dengan ditambah keimanan kepadanya.


Baca Juga : 6 Momen yang Paling Ditunggu di Bulan Suci Ramadan


Pengertian Singkat Mengenai Rezeki

Banyak persepsi kemudian mengidentikan rezeki itu dengan uang, atau dengan kelimpahan harta.

Lalu persepsi seperti itu apakah benar adanya?
Rezeki sendiri dalam bahasa arab berasal dari kata razaqa, artinya memberi. 

Kemudian dalam sebuah hadis, riwayat dari Abdullah bin Sikhir radhiyallahu ‘anhu, Nabi SAW pernah bersabda.

“Manusia selalu mengatakan, “Hartaku..hartaku..” Padahal hakikat dari hartamu, wahai manusia, hanyalah apa yang kamu makan sampai habis, apa yang kamu gunakan sampai rusak, dan apa yang kamu sedekahkan, sehingga tersisa di hari kiamat”. (HR. Ahmad no. 16305, Muslim no. 7609).

Maka, kemudian kita bisa menyimpulkan bahwa rezeki itu tidak melulu pada uang dan kelimpahan harta. Melainkan, rezeki itu sendiri adalah sesuatu yang telah kita pergunakan untuk mendapatkan kebermanfaatan darinya. 

Tidak melulu harta, melainkan kesehatan, ilmu, kecerdasan, anak yang shaleh dan berbagai kebermanfaatan lainnya yang kita bisa jadikan sebagai bekal untuk kehidupan akhirat juga bisa kita artikan sebagai sebuah rezeki dari-Nya.


Cara Memperoleh Rezeki

Berdoa untuk kemudahan rezeki adalah bagian penting dari sebuah proses mendapatkan rezeki. Namun, ada satu hal yang kemudian juga kita tidak boleh tinggalkan, yaitu usaha.

Rezeki itu mesti dijemput. Bukan hanya berdiam diri di rumah kemudian mengharapkan rezeki itu datang dengan sendirinya. 


وَأَنْ لَيْسَ لِلْإِنْسَانِ إِلَّا مَا سَعَىٰ

Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya (Q.S. An-Najm Ayat 39).

Kemudian, setelah usaha dengan jalan yang baik dan halal, selanjutnya melakukan tahapan yang juga penting, yaitu berdoa kepada Allah yang maha memberi dan melapangkan rezeki bagi setiap makhluk.


إِنَّ رَبَّكَ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ وَيَقْدِرُ إِنَّهُ كَانَ بِعِبَادِهِ خَبِيرًا بَصِيرًا

“Sesungguhnya Tuhanmu melapangkan rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki dan menyempitkannya; Sesungguhnya Dia Maha mengetahui lagi Maha melihat akan hamba-hamba-Nya.” (QS. Al Isro’: 30)


Kumpulan Doa Minta Rezki


Jika kita telah meyakini bahwa yang memberi kita rezeki adalah Allah, maka mintalah kepada-Nya, melalui jalan berdoa setelah berusaha.

Baca Juga : Kalimat Ini Ringan, Namun Disukai Allah

Berikut adalah kumpulan doa minta rezeki yang bisa kita baca diwaktu-waktu mustajab doa. Seperti dibaca setelah sholat, dibaca ketika berpuasa, atau bahkan dipanjatkan di sepertiga malam.


1. Doa minta rezeki yang ada dalam Al-Qur’an:


Doa minta rezeki ke-1:


اللَّهُمَّ رَبَّنَا أَنْزِلْ عَلَيْنَا مَائِدَةً مِنَ السَّمَاءِ تَكُونُ لَنَا عِيدًا لِأَوَّلِنَا وَآخِرِنَا وَآيَةً مِنْكَ ۖ وَارْزُقْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

"Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rzekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki yang paling utama"(Q.S. Al-Maidah: 114)

Doa minta rezeki ke:2


رَبِّ ٱغْفِرْ لِى وَهَبْ لِى مُلْكًا لَّا يَنۢبَغِى لِأَحَدٍ مِّنۢ بَعْدِىٓ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْوَهَّابُ

"Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang jua pun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi"(Q.S. Shad: 35)


2. Doa minta rezeki yang ada dalam hadits:


Doa minta rezeki ke-1:


اَللّٰهُمَّ اَكْفِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ، وَأَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

“Ya Allah, berilah aku kecukupan dengan rezeki yang halal, sehingga aku tidak memerlukan yang haram, dan berilah aku kekayaan dengan karuniamu, sehingga aku tidak memerlukan bantuan orang lain, selain diri-Mu.” (HR. Ahmad)

Doa minta rezeki ke-2:



رَبِّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاجْبُرْنِي ، وَارْفَعْنِي ، وَارْزُقْنِي ، وَاهْدِنِي

Ya Allah ampunilah aku, rahmatilah aku, cukupkanlah aku, tinggikanlah derajatku, berilah rezeki dan petunjuk untukku).” (HR. Ahmad : 371)

Doa minta rezeki ke-3:



اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْفَقْرِ وَالْقِلَّةِ وَالذِّلَّةِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ أَنْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kefakiran, kemiskinan, kehinaan. Dan aku berlindung kepada-Mu jangan sampai aku mendzalimi atau didzalimi.” (HR. Ahmad 8053)


Baca Juga:
Jangan Sombong, Berdoalah Kepada Allah SWT !
Mau Jadi Kaya Raya ? Ini Tipsnya
Jika Ingin Hidup Kaya, Menikahlah !


Dari berbagai doa minta rezeki ini, kita tinggal memilih dan membacanya dengan kesungguhan disertai keyakinan. Agar kemudian setiap doa yang dipanjatkan kepada Allah akan dikabulkan.

Waallahu a’lam bi showab...

2 Responses to "Rezeki Lagi Sulit? Bacalah Doa Minta Rezeki ini, Agar Rezekimu Mudah dan Berlimpah"

  1. Terima kasih informasinya mas, mengenai doanya semoga dapat membantu memperlancar rezeki kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin... Terima kasih tanggapannya kak. Kumpulan doa-doa mudah rezeki ini adalah salah satu ikhtiar untuk menjemput rezeki yang di terbar Tuhan di muka bumi ini.

      Delete

Gimana Artikelnya Gan? Tulis komentar di bawah ini ya !

Iklan

Iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan