Menapaki Jejak Prasejarah di Sangiran, Edukasi Berkedok Rekreasi

Daftar Isi [Tampil]

Rubrikpena.com -  Jalan-jalan adalah salah satu cara asyik menghabiskan waktu, terlebih bersama keluarga tercinta. Kamu yang ingin jalan-jalan bersama keluarga tentu harus memilih tempat yang aman, nyaman dan pastinya bisa sekaligus mengedukasi. Jadi, bisa berwisata sekaligus belajar.

Nah, di Sragen ada salah satu tempat yang cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata edukasi bersama keluarga. Tempat ini pun cocok buat yang selalu ingin menjadikan momen travelingnya jadi wahana menambah wawasan. Yaitu, Museum Purbakala Sangiran.

Lokasinya berada di Kabupaten Sragen. Namun, lokasi museum ini lebih dekat jika diakses dari Kota Solo yang hanya berjarak sekitar 17 kilometer. Jika dibandingkan dari kota Kabupaten Sragen yang berjarak sekitar 25 kilometer. 

Baca Juga : Mampir, ke Masjid Cagar Budaya Nur Sulaiman Banyumas 

Museum ini tepatnya berada di Desa Krikilan, Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah. Lalu ada apa aja di sini? Jelajahi Yuk!


1. Murah Tapi Kaya Ilmu Pengetahuan

museum prasejarah sangiran
Jalan-jalan di museum ini kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan tentang makhluk purbakala hingga benda-benda yang ada pada masa itu. 

Museum Sangiran ini menyediakan informasi yang lengkap tentang kehidupan pada masa prasejarah khususnya di Jawa. Museum ini juga menjadi area penting untuk penelitian tentang manusia prasejarah di Asia atau bahkan di dunia.

Untuk bisa mengakses pengetahuan yang ada di dalamnya, kamu hanya perlu membayar Rp. 5.000,- per orang. Tapi, harga ini sedikit berbeda dengan pelancong asing, yaitu Rp. 11.500,- per orang. Kamu bisa berkunjung ke sini pada hari Selasa-Minggu pukul 08.00–16.00 WIB.


2. Fasilitas Lengkap, Pengunjungpun Nyaman

museum prasejarah sangiran
Mengani fasilitas, museum ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk pengunjungnya. 

Dari mulai tempat parkit, toilet, musala, gazebo, tempat belanja, ruang pamer, ruang audio visual dan beragam fasilitas lainnya ada di sini. Sehingga kamu akan betah berlama-lama untuk berada di museum ini.


3. Replika Mirip Manusia Purba

museum prasejarah sangiran
Ada banyak koleksi fosil purba yang ada di sini, dari mulai fosil manusia, fosil binatang bertulang belakang, fosil binatang laut dan tawar, hingga koleksi artefak batu. 

Semuanya disajikan dengan menarik dan penjelasan yang lengkap. Bahkan penjelasannya ada dalam bentuk audio visual. Sehingga kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan dari setiap benda yang dipamerkan.

Baca Juga : Ini Alasan Kenapa Sandaran Kursi di Pesawat Harus Ditegakkan Saat Landing dan Take Off

Yang menarik di sini adalah adanya beberapa replika manusia purba yang mirip dengan aslinya. Sehingga dengan ini, kamu bisa sekaligus melihat bagaimana bentuk perawakan manusia purba lengkap dengan aktivitas kesehariannya.


4. Instagramable

museum prasejarah sangiran
Nah, untuk kamu yang akan berkunjung ke Museum Purbakala Sangiran tidak perlu khawatir tidak mendapatkan spot foto yang unik dan menarik. Karena lokasinya sangat menarik dan cocok untuk para pemburu selfie.

Kamu bisa foto dengan beragam koleksi yang ada di dalamnya. Tentu dengan tetap memperhatikan aturan-aturan yang ada dan ditetapkan oleh pengelola museum. 

Selain itu, ada jembatan yang cukup menarik perhatian dan selalu dijadikan spot foto oleh para pengunjungnya. Yaitu jembatan yang menyerupai gading gajah berwarna putih.


5. Tempat Santai dengan Pemandangan Alami

Selain mendapatkan banyak pengetahuan tentang kehidupan purbakala, lokasi yang instagramable, museum ini juga cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk bersantai bersama keluarga. 

Di sini kamu juga bisa sekaligus berbelanja berbagai aksesoris yang berkaitan dengan Museum Purbakala di beberapa kios yang di dalam komplek museum. 

Bagi pengunjung yang ingin melepas lelah setelah berkeliling komplek museum, terdapat bangunan joglo khas Jawa Tengah untuk bersantai dan menikmati suasana alam Sangiran yang masih alami.

Baca Juga : 

Banyak hal-hal menarik lain yang akan kamu temukan. Silahkan rasakan dan temukan sendiri pengalaman menarik saat berada di sini!

0 Response to "Menapaki Jejak Prasejarah di Sangiran, Edukasi Berkedok Rekreasi"

Post a Comment

Gimana Artikelnya Gan? Tulis komentar di bawah ini ya !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mgid

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel mgid