Wahai Wanita Muslimah, Inilah 5 Hak Suami yang Harus Kamu Penuhi

Daftar Isi [Tampil]
hak suami istri

Rubrikpena.com - Mari Belajar Menjadi Istri Salihah
Islam begitu rinci mengatur umatnya dalam berbagai kehidupan, terlebih adalah urusan pernikahan. Karena menikah merupakan salah satu jalan untuk beribadah dan menjaga kesucian diri. 

Namun, kehidupan setelah menikah itu sangat berbeda, karena ada status suami, ada istri bahkan ada anak yang masing-masing memiliki hak dan kewajibannya.

Seorang perempuan ketika sudah menikah telah menjadi milik suaminya. Maka jalan untuk mendapat ridha Allah bagi seorang istri adalah melalui ridha suaminya. Ada hak dan kewajiban yang harus dipenuhi antara suami dan istri untuk menciptakan keluarga yang harmonis. 

Baca Juga : Mau Gak, Masuk Surga Pake 'Orang Dalam?'

Ketika seorang suami telah memenuhi hak dan kewajiban untuk istrinya maka istrinya pun harus menjalankan kewajiban untuk memenuhi hak-hak suaminya.

Lalu apa saja hak-hak suami yang harus dipenuhi oleh seorang istri, simak yuk!


1. Taat dan Patuh kepada Suami

hak suami
Ketika menikah seorang istri menjadi makmum dari seorang suami. Maka sudah menjadi suatu kewajiban seorang istri taat dan patuh kepada suaminya selama perintahnya berada pada batasan syariat.

Patuhnya seorang istri kepada suami akan membukakan jalan untuk ia mendapatkan keridhan Allah kepadanya, dan ketika ia mendurhakai suami itu akan mendatangkan murkanya Allah kepadanya. 

Namun, tentu ketaatan seorang istri kepada suaminya tidak berlaku ketika seorang suami memerintahkannya untuk berlaku maksiat dan durhaka kepada Allah dan Rasul-Nya.


2. Menjaga Diri dan Harta Suami

hak suami
Seorang istri haruslah pandai menjaga diri dan harta suaminya ketika sang suami tidak berada di rumah. Ini merupakan salah satu perilaku dari istri salihah. Ketika suaminya sedang bekerja, maka ia harus mampu menjaga kehormatan diri juga kehormatan suaminya. 

Ia menjaga kehormatannya hanya untuk suaminya dan tidak membuka aib serta rahasia suaminya.

Baca Juga : Mau Jadi Kaya Raya ? Ini Tipsnya

Sedangkan harta suaminya ia benar-benar jaga dan tidak menggunakannya untuk hal-hal yang bersifat negatif yang akan melunturkan kepercayaan suami kepada dirinya.


3. Berhias untuk Suami

5 hak suami
Berdandan bagi perempuan seolah menjadi suatu keharusan. Namun, jika ia telah menikah maka kecantikan itu adalah hak untuk suaminya.

Jangan kemudian terbalik ketika ia akan keluar rumah ia berdandan dan menampakkan kecantikannya untuk orang lain, sedangkan ketika ia bersama dengan suaminya tidak pernah bersolek untuk menyenangkan hati suami.


Baca Juga : 6 Momen yang Paling Ditunggu di Bulan Suci Ramadan


4. Istri Tidak Keluar Rumah Tanpa Izin Suami

5 hak suami
Menjadi seorang istri memang tidaklah mudah. Karena ada hal-hal yang awalnya bisa bebas dilakukan dan ketika telah menikah harus memiliki izin dari suami, contohnya adalah keluar rumah. 

Dimana seorang istri tidak bisa keluar rumah begitu saja tanpa memiliki izin dari suami. Hal ini selain menjalankan nilai syariat tentu memiliki nilai positif, karena meminta izin kepada suami selain akan diketahui keberadaannya hal ini juga membuat sang suami merasa lebih dihargai.

Sikap seperti ini selain memenuhi hak kepada suaminya juga akan mendorong suami untuk memuliakan dan menghormatinya sebagai seorang istri.


5. Tidak Memasukan Orang Lain ke dalam Rumah

5 hak suami
Ketika suaminya sedang tidak berada di rumah maka seorang istri tidak boleh memasukan orang lain kedalam rumahnya kecuali atas izin suaminya. 

Larangan ini sebagai bentuk kehati-hatian agar si istri mampu menjaga kehormatan dirinya dan harta suaminya. Inilah salah satu hak suami yang menjadi kewajiban bagi istrinya.

Baca Juga:


Paling tidak inilah hal-hal yang harus dilakukan oleh seorang istri untuk memenuhi hak suaminya. Agar kemudian tercipta keluarga yang harmonis dan sesuai dengan tuntunan Islam.

Sumber:
1. Buku: Syaikh Akhmad Abdurrahim, 2018, Aku Terima Nikahnya: Bekal Pengantin Menuju Keluarga Sakinah, Mawaddah, dan Rahmah. Jakarta: Istanbul
2. almanhaj.or.id

2 Responses to "Wahai Wanita Muslimah, Inilah 5 Hak Suami yang Harus Kamu Penuhi"

Gimana Artikelnya Gan? Tulis komentar di bawah ini ya !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mgid

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel mgid