Cahaya Bagi yang Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

Daftar Isi [Tampil]
keutamaan membaca surat al kahfi di hari jumat

Rubrikpena.com - Hari Jum'at bagi umat Islam adalah rajanya hari di sisi Allah. Bahkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Syafi'i dan Imam Ahmad, hari Jumat lebih agung dari Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. 

Maka tentu banyak keutamaan-keutamaan yang ada pada hari Jum'at agung ini. diantaranya ialah, ada waktu dimana seorang yang berdoa kepada Allah akan dikabulkan.

"Sesungguhnya di hari Jum'at terdapat satu waktu yang mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasulullah SAW mengisyaratkan dengan tangannya menggambarkan sedikitnya waktu itu". (HR. Muttafaq Alaih).

Baca juga : Waktu terbaik shalat duha

Selain keagungan yang ada pada hari Jum'at ada juga amalan yang ketika kita menjalankannya akan mengantarkan kita kepada kebaikan yang telah Allah dan Rasul janjikan.

Satu diantara sekian banyak amalan di hari Jum'at ialah membaca surat Al-Kahfi, dan siapa yang membaca surat Al-Kahfi akan mendapatkan keutamaan ini;

1. Terlindungi dari Fitnah Dajjal

Rasulullah SAW Bersabda: “Barang siapa membaca Surah Al Kahfi pada hari Jum’at, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya,” (HR-Dailami), dalam riwayat lain Rasul bersabda: “Barang siapa menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al Kahfi, maka ia akan terlindungi dari (fitnah) Dajjal,” (HR. Muslim).

Fitnah dajjal adalah fitnah yang paling besar di akhir zaman. Dengan alasan itu, begitu banyak contoh doa yang di ajarkan Rasul agar umatnya bisa terhindar dari fitnah Dajjal.

Dengan membaca dan memahami  surat Al-Kahfi merupakan salah satu cara agar kita sebagai umat yang beriman kepada Allah dan Rasulnya agar tetap berpegang teguh kepada Islam hingga akhir hayat dan terhindar dari fitnah terbesar akhir zaman.

Imam Nawawi ra menjelaskan kenapa diajurkan untuk membaca surat Al Kahfi, "Karena di awal surat tersebut terdapat ayat-ayat yang menakjubkan. Siapa yang mau merenungkannya, niscaya ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal. Sebagaimana pula dalam akhir-akhir ayat surat tersebut, Allah berfirman, “Maka apakah orang-orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil (hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku?),” (QS. Al Kahfi: 102)” (Syarh Shahih Muslim, 6: 93).

2.  Diterangi Cahaya

عَنْ أَبِى سَعِيدٍ الْخُدْرِىِّ أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ :« مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ »
Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu anhu, bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka Allah akan menyinarinya dengan cahaya di antara dua Jum’at”

(Diriwayatkan oleh Al-Hakim dalam Al-Mustadrok II/399 no.3392, dan Al-Baihaqi di dalam Sunannya III/249 dengan nomor.5792)


keutamaan membaca surat al kahfi di hari jumat

Orang muslim mana yang tidak ingin mendapatkan cahaya dari Allah, karena sebaik-baik pembalasan amal adalah pembalasan dari Allah. 

Cahaya yang dimaksud bisa berarti bahwa itu merupakan sebuah karunia untuk melaksanakan ketaatan kepada Allah dan menjadikan diri kita jauh dari segala perbuatan yang dilarang oleh Allah.

Atau bahkan cahaya yang dimaksud adalah makna cahaya yang hakiki yang akan menyinarinya pada hari kiamat. 

Muaz Ibnu Anas Al-Juhari, Nabi SAW bersabda: “Siapa yang membaca dari Surah Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya dan siapa yang membaca keseluruhannya, maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi” (HR Ahmad).

Baca Juga: Mau Gak, Masuk Surga Pake 'Orang Dalam?'
______
Pada prinsipnya membaca Al-Qur'an kapan pun dan ayat mana pun merupakan sebuah ibadah. 

Namun banyak hadits yang kemudian menjelaskan untuk mendapatkan keutamaan yang dijanjikan dari pengamalannya dengan memanfaatkan momentum waktu dan pilihan ayat yang sebaiknya di baca.

Sehingga ketika diamalkan maka segala kebaikan yang mengikutinya akan kita dapatkan, bahkan akan menambah nilai keimanan kita kepada Allah dan Rasulnya. 

Dan contohnya ialah salah satu diantara waktu terbaik untuk membaca surat Al Kahfi ialah pada hari Jum'at.

Baca Juga : Ukhti, Ini Alasan Sederhana Kenapa Kamu Harus Berjilbab

0 Response to "Cahaya Bagi yang Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat"

Post a Comment

Gimana Artikelnya Gan? Tulis komentar di bawah ini ya !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mgid

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel mgid