Zakat Fitrah Pembersih Jiwa, Orang Islam Harus Tau Pengertian dan Syarat Wajib untuk Menunaikannya

Daftar Isi [Tampil]

zakat fitrah 2020

Rubrikpena.com - Salah satu kewajiban yang ada pada bulan Ramadhan atau menjelang bulan Syawal adalah membayar zakat fitrah. Zakat fitrah ini disebut juga dengan zakat nafs atau jiwa. 

Kemudian, membayar zakat ini hukumnya wajib bagi setiap diri seorang muslim sebagai jalan untuk membersihkan jiwa.

Zakat ini merupakan satu dari lima rukun Islam. Nah, ketika suatu amalan ibadah menjadi sebuah rukun, hukumnya menjadi wajib dilakukan sebagai bagian dari sebuah pondasi untuk mengokohkan sebuah keimanan.

Pengertian Zakat Fitrah

Dari segi bahasa zakat  berasal dari kata az-zakah yang berarti tumbuh, suci, terpuji dan berkah. Sedangkan kata fitrah secara bahasa dapat diartikan dengan asal kejadian atau keadaan yang suci dan kembali ke asal.

Secara istilah zakat fitrah adalah zakat yang harus ditunaikan oleh setiap orang muslim dari sebagian hartanya kepada orang yang membutuhkan dengan tujuan untuk beribadah kepada Allah sebagai jalan untuk mensucikan jiwa.


Syarat Wajib Zakat Fitrah

Menunaikan zakat fitrah merupakan salah satu menegakkan Islam. Kemudian ia yang telah menunaikan zakat fitrah pun telah membersihkan jiwanya juga sebagai pelengkap pada pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan.

Sebagai salah satu pelaksanaan ibadah, tentu ada hal-hal yang kemudian menjadi suatu syarat agar zakat fitrah ini menjadi ibadah yang sesuai dengan syariat dan diterima di sisi Allah.

Berikut adalah syarat wajib zakat fitrah:

1. Beragama Islam

Zakat merupakan rukun dalam ber-Islam. Maka sudahlah pasti bahwa orang yang berhak dan memiliki kewajiban untuk menunaikan zakat ialah orang yang beragama Islam.


2. Mampu

Mampu disini maksudnya adalah orang yang memiliki kelebihan harta dalam mencukupi kebutuhannya sehari-hari atau pada hari raya dan pada malmnya. Termasuk orang-orang yang berada di bawah tanggungannya.

3. Menemui Dua Waktu Diantara Bulan Ramadhan dan Syawal Walaupun Sesaat

Membayar zakat fitrah itu telah ditentukan waktunya. Yaitu dibayarkan kepada Amil Zakat pada bulan Ramadhan hingga sebelum shalat Ied pada hari raya Idul Fitri.

Salah satu yang menjadi syarat menunaikan zakat fitrah ialah orang muslim yang hidup pada bulan Ramadhan hingga awal bulan Syawal. Maka, orang yang menemui dua waktu di antara bulan Ramadhan dan Syawal ia adalah termasuk kedalam orang yang harus menunaikan zakat fitrah.


Kesimpulan

Zakat fitrah adalah sebuah pondasi dalam agama Islam, maka siapapun ia yang telah memenuhi syarat diwajibkan untuk membayar zakat fitrah.

Sebagai suatu ibadah zakat fitrah tentu memiliki ketentuan maupun menjadi syarat siapa saja yang berhak melaksanaknnya. 

Dalam pelaksanaan ibadah zakat fitrah ini yang menjadi syarat wajibnya itu ada tiga, yaitu : Islam, Mampu dan Ia hidup memenuhi dua waktu, yaitu waktu diantara bulan Ramadhan dan Bulan Syawal walaupun hanya sesaat.

Waallahu a’lam bi showab...

2 Responses to "Zakat Fitrah Pembersih Jiwa, Orang Islam Harus Tau Pengertian dan Syarat Wajib untuk Menunaikannya"

  1. Makasih ilmu yang bermanfaat nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan. Semoga bermanfaat untuk tambahan ilmu tentang zakat di bulan Ramadan 2020 ini

      Delete

Gimana Artikelnya Gan? Tulis komentar di bawah ini ya !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mgid

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel mgid