Mau Kuliah Sambil Kerja? Wajib Banget Jalankan Tips Ini!

Daftar Isi [Tampil]

kulaih sambil kerja, tips kuliah dan kerja
Ilustrasi kuliah sambil kerja

Rubrikpena.com - Kuliah adalah masa pendidikan yang cukup berbeda dengan jenjang pendidikan sebelumnya. Pada masa kuliah, pola pikir, kemandirian, hingga tanggung jawab akan lebih terasah.

Baik itu karena tuntutan dari level pendidikan yang lebih tinggi, usia atau bahkan tuntutan ekonomi. Apalagi jika kamu adalah mahasiswa rantau, yang jauh dari orang tua.

Jika kamu saat ini berstatus sebagai mahasiswa, harus mulai berpikir untuk pengembangan karir kedepan. 

Mengenai hal ini, tak jarang kita melihat para mahasiswa yang selain sibuk kuliah, berorganisasi di kampus, juga mereka mencari peluang kerja. Karena hal ini akan berguna sebagai penunjang karir, menambah pengalaman, sekaligus mendapatkan penghasilan.

Bahkan untuk menjawab kebutuhan ini tak sedikit kampus menyediakan fasilitas kelas bagi karyawan. Ialah fasilitas yang diperuntukan bagi para karyawan yang tetap ingin mengenyam pendidikan tinggi. 

Baca Juga: Panduan Lengkap Membuat Ujian Online dengan Google Formulir

Tapi, bagaimana jika sekarang sebagai mahasiswa reguler yang tetap ingin punya pengalaman bekerja?

Tips Kuliah Sambil Kerja Bagi Mahasiswa Sibuk

kuliah sambil kerja, kerja dan kuliah
Kuliah sambil kerja adalah pilihan. Kamu bisa memilih fokus menjadi mahasiswa saja, bisa memilih kuliah dan berorganisasi di kampus, atau menjadi mahasiswa yang juga punya pekerjaan. 

Tidak ada yang salah dari pilihan-pilihan ini. Karena setiap orang punya cita-cita dan jalan kesuksesannya masing-masing.

Tapi jika kamu adalah mahasiswa yang memilih untuk bekerja sambil kuliah dengan berbagai alasan, kamu bisa coba beberapa tips ini:


1. Buat Manajemen Waktu yang Benar

Menjadi mahasiswa sekaligus bekerja adalah pilihan yang belum tentu semua orang pilih. Karena harus bisa mengatur waktu dengan sangat maksimal setiap harinya.

Tapi, jika kamu adalah mahasiswa yang sudah semester 3 keatas biasanya akan memiliki cukup waktu untuk bekerja. Karena jadwal kuliah yang sudah tidak terlalu padat. Sehingga punya waktu yang cukup untuk mengambil pekerjaan di perusahaan tertentu.

Tapi time manajemen akan menjadi hal yang fundamental. Jangan sampai dengan milih kuliah sambil kerja, justru mengorbankan salah satunya atau malah keduanya. Artinya kamu harus bisa fokus pada dua hal sekaligus. Yaitu kamu harus tetap fokus pada kuliah dan bekerja. 

Pilihan ini akan sangat menguras energi. Tapi dengan mengatur waktu yang benar, dan membuat skala prioritas maka kamu bisa menjalani keduanya dengan fokus.


2. Tetap Menjadi Mahasiswa Aktif di Kelas

Penting nih! Jangan sekali-kali jadikan pekerjaan sebagai alasan untuk menjadi mahasiswa yang pasif di kelas. Justru ini adalah sebuah momentum untuk kamu bisa show up dihadapan dosen dan teman-teman seangkatanmu.

Kamu harus bisa membuktikan bahwa bekerja sambil kuliah bukan sesuatu hal yang menakutkan. Bahkan kamu bisa enjoy menjalaninya. Maka, ikuti semua materi kuliah dengan seksama dan kerjakan tugas-tugasnya disela kesibukan. 

Bahkan, biasanya jika dosen tau kamu adalah mahasiswa yang aktif di kelas dan kamu menjalaninya sambil bekerja, biasanya akan mendapatkan atensi khusus.

Percayalah! dengan memilih kuliah sambil kerja minimal kamu sudah selangkah lebih maju dari segi pengalaman dibandingkan teman-temanmu. 


3. Pilih Pekerjaan Sesuai Passion

Capek adalah hal pasti akan dirasakan. Bagaimana tidak, setiap harinya kamu membagi fokus pada dua hal penting sekaligus.

Tapi kamu bisa meminimalisir rasa capek yang berlebihan ini dengan memilih pekerjaan yang sesuai dengan passion. Dengan pilihan pekerjaan ini, kamu akan lebih enjoy menjalaninya. Karena tidak akan ada rasa terpaksa dalam menjalani pekerjaan.

Anggaplah menjalani hobi yang dibayar disela kesibukan kuliah. Apalagi jika pekerjaan yang kamu jalani cukup sejalan dengan jurusan kuliah yang kamu ambil. Kamu bisa belajar lebih banyak dan sekaligus jadi momentum untuk upgrade skill secara terus-menerus.

Misalnya, Jika kamu suka dengan dunia desain grafis, kamu bisa mengambil kuliah jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) atau desain grafis, dan kamu bisa bekerja pada perusahaan dengan posisi yang juga berhubungan langsung dengan desain grafis. 

Hal ini akan sangat menguntungkan buat karir kedepan dan kamu pun akan sangat enjoy menjalaninya.


4. Ambil Pekerjaan Freelance

Jika merasa kesulitan dalam mengatur waktu antara kuliah dan bekerja. Tapi kamu adalah mahasiswa yang tetap ngotot ingin punya pengalaman dan penghasilan, kamu bisa memilih pekerjaan dengan sistem freelance.

Era digital saat ini sangat memungkinkan seorang mahasiswa bekerja dengan sistem freelance. Pekerjaan dengan sistem ini bisa bekerja dimanapun dan kapanpun. Kamu bisa mengatur waktu dengan sangat fleksibel tapi tetap berpenghasilan.

Untuk mendapatkan pekerjaan ini, Kamu bisa mendaftar pada beberapa situs terpercaya dan terbukti membayar. Misalnya seperti Fiverr, Upwork, Projects.co.id, Sribulancer dan situs lainnya yang sekiranya bisa sesuai dengan skill yang dimiliki.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula 


5. Jangan Hanya Bekerja! Tapi Fokus Bangun Relasi

Nah, ketika kamu memiliki kesempatan untuk bisa bekerja sambil kuliah di perusahaan tertentu, jangan sia-siakan kesempatan emas ini. Bekerjalah dengan maksimal dan jangan lupa untuk membangun relasi. Baik itu dengan teman satu pekerjaan, manajemen hingga pimpinan perusahaan tempat kamu bekerja.

Memiliki relasi dan koneksi di tambah dengan skill yang mumpuni adalah salah satu modal besar yang bisa menunjang karir dan kesuksesan di masa depan.

Faktanya, banyak orang yang memiliki skill yang baik dalam satu hal, tapi tidak memiliki relasi. Akhirnya skill itu tidak bisa dikembangakan atau bahkan memberinya penghasilan. Maka bangunlah relasi seluas-luasnya!


6. Komitmen Pada Kuliah dan Pekerjaan

Merasa jenuh dan capek adalah hal yang sangat mungkin kamu temukan ketika menjalani kuliah sambil kerja. Hingga akhirnya ada yang akan memilih meninggalkan pekerjaannya dan kembali memilih satu fokus saja, yaitu kuliah. Atau malah sebaliknya.

Tapi jika kamu adalah orang memiliki komitmen terhadap cita-cita di masa depan. Kejenuhan hanya akan menjadi angin lalu. Artinya kamu harus memiliki komitmen yang benar-benar kuat dan mampu menggugah semangat ketika ada pada titik jenuh.

Sehingga komitmen kuat ini akan mampu mengalahkan berbagai kerikil yang datang dalam prosesnya.

Maka, sebelum mengambil keputusan untuk bekerja sambil kuliah pastikan kamu sudah memiliki komitmen yang kuat demi masa depan.

Baca Juga:

Akhirnya, dari sini kita belajar. Jika kamu adalah mahasiswa yang punya komitmen kuat dan siap dengan segala resikonya, kamu bisa lakukan beberapa tips kuliah sambil kerja ini. Jangan sia-siakan masa kuliahmu. Sibukan diri dengan berbagai aktivitas positif yang bisa menunjang kehidupanmu di masa depan.

Faktanya, memilih untuk kuliah sambil kerja tidak semenakutkan dan seribet yang dibayangkan kok. Ambillah sisi positifnya, baik itu dari segi pengalaman, tambahan ilmu, relasi, hingga penghasilan. Hal-hal ini juga yang akan menguatkanmu untuk menjalani keduanya sekaligus dengan serius.

0 Response to " Mau Kuliah Sambil Kerja? Wajib Banget Jalankan Tips Ini!"

Post a Comment

Gimana Artikelnya Gan? Tulis komentar di bawah ini ya !

Iklan

Iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan