Amalkan! Doa Jeda Shalat Tarawih dan Sesudahnya untuk Meraih Ridha Allah

Daftar Isi [Tampil]

doa jeda shalat tarawih, doa dinatara shalat tarawih, doa kamilin, doa sesudah shalat tarawih
Doa jeda shalat tarawih, doa dinatara shalat tarawih, doa kamilin, doa sesudah shalat tarawih

Rubrikpena.com - Doa jeda shalat tarawih adalah do’a yang dilantunkan di antara pelaksanaan shalat tarawih. Karena jumlah rakaat shalat tarawih ini berbeda dengan pelaksanaan shalat lainnya, yaitu bisa dilaksanakan sebanyak 8 atau 20 rakaat, dengan masing-masing dua atau empat rakaat dalam pelaksanaannya.

Shalat tarawih adalah salah satu shalat malam yang identik dengan bulan suci Ramadhan. Amalan ini sunah namun memiliki keutamaan yang amat besar.

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ 

“Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau” (HR. Bukhari dan Muslim)

Mengingat akan dosa, maka tak ada satu manusia pun yang di bumi ini yang tak memiliki dosa. Kecuali mereka adalah orang-orang pilihan Allah. Maka pada momentum Ramadhan. Selain puasa, shalat tarawih pun menjadi satu amalan yang amat penting kedudukannya yakni untuk memohon ampunan atas dosa-dosa di masa lampau yang telah diperbuat.

Sehingga kesucian bulan Ramadhan ini pun akan menjadikan momentum untuk mensucikan diri seorang mukmin.

Baca Juga: Wow! Inilah Rumus Cepat Mendapatkan Rezeki

Dalam rangkaian ibadah shalat tarawih ini ada juga momen berharga yang tak boleh dilewatkan. Yakni memanjatkan doa diantara shalat tarawih.


Doa Jeda Shalat Tarawih

doa jeda shalat tarawih, doa dinatara shalat tarawih, doa kamilin, doa sesudah shalat tarawih
doa jeda shalat tarawih

Berikut adalah doa yang bisa diamalkan sebagai doa diantara shalat tarawih:

اَللّٰهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌ كَرِيْم تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنَّا يَاكَرِيْم

Allohumma Innaka Afuwwun Kariim Tukhibbul Afwa Fa'fuanni

Artinya: Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku yang Maha Mulia.


atau juga bisa melafalkan doa jeda antara shalat tarawih ini:

اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَسْئَلُكَ رِضَاكَ وَالْجَنَّةَ وَنَعُوْذُبِكَ مِنْ سَخَطِكَ وَالنَّارِ

Allohumma inna Nas'aluka Ridhoka wal Jannah wa Na'udzhubika min Sakhotika wannaar

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya kami memohon keridhoan-Mu dan surga, dan kami berlindung dari murka-Mu dan siksa neraka.


Doa Sesudah Shalat Tarawih

doa jeda shalat tarawih, doa dinatara shalat tarawih, doa kamilin, doa sesudah shalat tarawih
Doa kamilin, doa sesudah shalat tarawih

Selain dari doa jeda shalat tarawih yang diamalkan, ada juga doa yang sebaiknya dipanjatkan ketika telah selesai melaksanakan semua rakaat. 

Berikut adalah doa sesudah shalat tarawih atau yang juga populer disebut dengan doa kamilin:

اَللهُمَّ اجْعَلْنَا بِالْإِيْمَانِ كَامِلِيْنَ. وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْنَ. وَلِلصَّلاَةِ حَافِظِيْنَ. وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ. وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْنَ. وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ. وَبِالْهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ. وَعَنِ الَّلغْوِ مُعْرِضِيْنَ. وَفِى الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ. وَفِى اْلآخِرَةِ رَاغِبِيْنَ. وَبَالْقَضَاءِ رَاضِيْنَ. وَلِلنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْنَ. وَعَلَى الْبَلاَءِ صَابِرِيْنَ. وَتَحْتَ لِوَاءِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ وَعَلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْنَ. وَإِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ. وَمِنَ النَّارِ نَاجِيْنَ. وَعَلى سَرِيْرِالْكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ. وَبِحُوْرٍعِيْنٍ مُتَزَوِّجِيْنَ. وَمِنْ سُنْدُسٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ. وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آكِلِيْنَ. وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًّى شَارِبِيْنَ. بِأَكْوَابٍ وَّأَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِّنْ مَعِيْن. مَعَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَحَسُنَ أُولئِكَ رَفِيْقًا. ذلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا. اَللهُمَّ اجْعَلْنَا فِى هذِهِ اللَّيْلَةِ الشَّهْرِالشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَاءِ الْمَقْبُوْلِيْنَ. وَلاَتَجْعَلْنَا مِنَ اْلأَشْقِيَاءِ الْمَرْدُوْدِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِه وَصَحْبِه أَجْمَعِيْنَ. بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Arti Doa Kamilin atau Doa Setelah Shalat Tarawih:

"Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang memenuhi kewajiban-kewajiban, yang memelihara shalat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-mu, yang mengharapkan ampunan-mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia,

yang menyenangi akhirat, yang ridha dengan qadla-Mu (ketentuan-mu), yang mensyukuri nikmat, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, yang mengunjungi telaga (Nabi Muhammad), yang masuk ke dalam surga,

yang selamat dari api neraka, yang duduk di atas ranjang kemuliaan yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra ,yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari kalangan para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang terbaik.

Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui. Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini termasuk orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya.

Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kami Muhammad, serta seluruh keluarga dan shahabat beliau. Berkat rahmat-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam."

Baca Juga:

Selain dari doa setelah shalat tarawih ini, bisa juga memohon kepada Allah melalui doa-doa lainnya yang dihafal atau berdasarkan pada hajat yang ingin diraih untuk kebaikan hidup di dunia dan di akhirat.

Itulah beberapa amalan doa yang bisa diamalkan dalam rangkaian pekansaan ibadah shalat tarawih. Baik itu doa jeda shalat tarawih atau doa diantara shalat tarawih dan juga doa setelah shalat tarawih dan witir.

Baca Juga: 7 Peluang Usaha di Bulan Ramadhan 2021, Pasti Laris dan Untung Maksimal

Mari jadikan momentum Ramadhan ini sebagai momentum untuk memperbaiki diri dan memperoleh ampunan dan Ridha Allah.

0 Response to " Amalkan! Doa Jeda Shalat Tarawih dan Sesudahnya untuk Meraih Ridha Allah"

Post a Comment

Gimana Artikelnya Gan? Tulis komentar di bawah ini ya !

Iklan

Iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan