Doa Menyambut Bulan Ramadhan 2021, Jadikan Ramadhan yang Bermakna

Daftar Isi [Tampil]
doa menyambut bulan suci ramadhan 2021

Rubrikpena.com - Bulan suci ramadhan adalah bulan yang amat ditunggu kedatanganya. Banyak momen spesial dan momen kebersamaan yang identik dan tidak bisa ditemukan pada bulan lainnya. Makanya tak heran jika kedatangan bulan suci ramadhan ini selalu ditunggu.

Selain dari sisi kebudayaan tentu yang menjadi bagian penting dari bulan suci Ramadhan ini adalah serangkaian ibadah dengan pahala yang berlipat.


Baca Juga: Kalimat Ini Ringan, Namun Disukai Allah


Sehingga momentum Ramadhan ini pun menjadi salah satu momen untuk meningkatkan kualitas ibadah dan memperbaiki diri seorang muslim.


Menyambut dengan Do’a Memasuki Bulan Ramadhan

Do’a adalah salah satu cara bagi seorang hamba untuk berkomunikasi dan bermohon kebaikan atas suatu hal. Maka sebagai seorang hamba berdoa dan meminta kepada yang Maha Kuasa adalah suatu yang menjadi kewajiban. 

Karena dengan do’a menunjukan bahwa kita sebagai makhluk tidak memiliki daya dan upaya selain kekuatan dari-Nya. Dengan do’a kita juga meyakini akan eksistensi Allah dalam kehidupan kita.

Lalu, kenapa kita sebaiknya menyambut bulan suci Ramadhan ini dengan sebuah kalimat do’a? Karena Ramadhan adalah bulan yang agung dan penuh dengan kebaikan di dalamnya.

Jangan sampai ketika memasuki bulan Ramadhan hingga Ramadhan berakhir kita tidak mendapatkan setitik ampunan dan keberkatan darinya.

Bahkan Rasulullah SAW menganjurkan kita sebagai umat islam untuk menyambut setiap kedatangan bulan Ramadhan ini dengan penuh suka cita. Hal ini tidak lain karena segala keutamaan yang ada pada bulan yang agung ini.

Banyak kalimat do’a yang bisa dibacakan ketika kita tengah bersiap memasuki bulan Ramadhan. Dalam sebuah hadits berikut adalah salah satu doa yang bisa diamalkan ketika kita hendak menyambut bulan Ramadhan:


اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Artinya : “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikanlah (umur) kami kepada bulan Ramadhan.” (HR. Ahmad).


Baca Juga : Wow! Inilah Rumus Cepat Mendapatkan Rezeki

Dalam riwayat lain Rasulullah SAW juga memberikan contoh doa ketika hendak memasuki bulan Ramadhan. Do’a menyambut Ramadhan ini termuat dalam sebuah riwayat Imam At-Thabrani dan Iamam Ad-Dailami:


اللَّهُمَّ سَلِّمْنِيْ لِرَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِيْ وَسَلِّمْهُ مِنِّيْ

Artinya: “Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) Bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadhan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di Bulan Ramadhan.”

Mari menjadi bagian dari orang yang selalu berubah menjadi lebih baik. Momentum Ramadhan di tahun 2021 merupakan waktu yang tepat untuk mengkoreksi diri, meningkatkan kualitas ibadah dan mendekatkan diri pada Allah.

Jangan biarkan Ramadhan kali ini tidak memberi makna untuk kualitas hidup dan ibadah kita!

0 Response to "Doa Menyambut Bulan Ramadhan 2021, Jadikan Ramadhan yang Bermakna"

Post a Comment

Gimana Artikelnya Gan? Tulis komentar di bawah ini ya !

Iklan

Iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan