Gerhana Matahari Cincin 2020: Penjelasan, Perbedaan, Hingga Daftar Wilayah

Daftar Isi [Tampil]
gerhana matahari cincin 21 Juni 2020

Rubrikpena.com - Gerhana matahari cincin adalah sebuah fenomena alam yang menakjubkan sebagai salah satu tanda kekuasaan Allah. 

Fenomena alam ini terbilang cukup langka. Pada tahun 2020 saja BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) memprediksi akan terjadi 6 kali gerhana. 

Salah satu dari enam gerhana itu adalah Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang diprediksi akan terjadi pada tanggal 21 Juni 2020. 


Pengertian Gerhana Matahari Cincin

ilustrasi gerhana matahari cincin 2020

Dilansir dari laman bmkg.go.id, Gerhana matahari cincin terjadi karena posisi matahari, bulan, dan bumi berada tepat segaris. 

Kemudian pada saat itu, piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan Matahari. 

Sehingga, saat puncak gerhana matahari terlihat seperti cincin. Karena gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.

Secara sederhana gerhana matahari cincin terjadi karena bulan menghalangi matahari. Namun posisi bulan berada pada titik yang lebih jauh dari bumi.

Sehingga hanya bagian tengah yang tertutup dan bagian sisinya masih tetap terang seperti cincin.

Fenomena gerhana matahari cincin atau jenis gerhana lainya syarat dengan ilmu pengetahuan. 

Jadi tak heran jika fenomena alam langka dan menakjubkan ini dijadikan sebagai ajang untuk menambah wawasan dan bahkan menambah keimanan bagi kaum muslimin.

Perbedaan Gerhana Matahari Total dan Cincin

Pembahasan mengenai fenomena alam gerhana matahari maupun gerhana bulan biasanya sudah mulai dikenalkan kepada kita sejak duduk di bangku sekolah dasar. 

Jadi sebenarnya gerhana matahari maupun gerhana bulan sudah cukup akrab di telinga kita.

Namun, untuk menyegarkan ingatan kita berikut adalah bahasan singkat mengenai perbedaan gerhana matahari cincin dengan gerhana matahari total. 

Gerhana matahari cincin 2020 diprediksi akan terjadi pada tanggal 21 Juni 2020. Sedangkan gerhana matahari total 2020 diprediksi akan terjadi pada tanggal 14 Desember 2020.

Berikut perbedaannya:

1. Gerhana Matahari Cincin (GMC)

Gerhana matahari terjadi ketika bulan berada segaris dengan matahari dan bumi. Nah, pada fenomena gerhana matahari cincin ini posisi bulan berada pada titik yang lebih jauh dari bumi. 

Maka meskipun ketiganya berada pada satu garis lurus, piringan bulan terlihat lebih kecil. 
Akibatnya hanya gelap pada bagian tengah dan tetap terang di bagian pinggirannya. 

Karena dengan posisi ini, bulan tak menghalangi seluruh cahaya matahari. Akhirnya membentuk menyerupai cincin.

2. Gerhana Matahari Total (GMT)

Jika gerhana matahari cincin posisi bulan berada pada titik yang lebih jauh dengan bumi. 

Maka yang membedakannya dengan gerhana matahari total adalah posisi bulan berada cukup dekat dengan bumi.

Hal ini kemudian mengakibatkan piringan bulan akan terlihat lebih besar, dan akhirnya hal ini dapat menutup seluruh sinar matahari.

Maka yang membedakan antara gerhana matahari cincin dengan gerhana matahari total terletak pada perbedaan jarak antara bumi, bulan, dan matahari. 

Jadwal dan Wilayah Gerhana Matahari Cincin 2020

gerhana matahari cincin 21 Juni 2020
Tidak semua negara maupun daerah pada negara tersebut bisa mengamati secara langsung fenomena gerhana matahari cincin 21 Juni 2020.

BMKG menjelaskan paling tidak ada sembilan wilayah yang akan terlewati jalur cincin pada fenomena gerhana matahari cincin 21 Juni 2020. 

Yaitu, Kongo, Sudan Selatan, Ethiopia, Yaman, Oman, Pakistan, India, Cina, dan Samudera Pasifik.


Gerhana Matahari Cincin di Indonesia

Meskipun jalur cincin hanya melewati sembilan wilayah, namun Gerhana matahari cincin 21 Juni 2020 dapat pula diamati di Indonesia. 

Data BMKG menunjukan waktu kejadian gerhana matahari cincin ini berbeda-beda di setiap daerah.

Wilayah di Indonesia yang paling awal akan merasakan gerhana matahari adalah Sabang, Aceh. Gerhana ini akan terjadi pada pukul 13.16.00,5 WIB kemudian puncaknya terjadi pada pukul 14.34.52,4 WIB. 

Sedangkan kota yang paling akhir memulai waktu gerhananya adalah Kepanjen, Jawa Timur, yaitu pukul 15.19.49,3 WIB. 

Terkait dengan durasi gerhana, data BMKG juga menunjukan waktu yang relatif berbeda. Misalnya durasi paling lama akan terjadi di kota Sabang, Aceh yaitu selama 2 jam 27 menit 11,1 detik.

Sedangkan durasi gerhana yang paling sebentar akan terjadi di Kepanjen Jawa Timur yakni hanya selama 3 menit 17,1 detik.

Daftar Provinsi yang Mengalami Gerhana Matahari Cincin

Dikutip dari liputan6.com, berikut adalah daftar provinsi di Indonesia yang dapat menyaksikan gerhana matahari cincin 21 Juni 2020:

 No. Provinsi  Waktu Puncak GMC 
 1. Aceh 14.40 WIB
 2. Sumatera Utara 14.48 WIB
 3. Sumatera Barat 14.54 WIB
 4. Riau 14.57 WIB
 5. Bengkulu 14.59 WIB
 6. Jambi 15.00 WIB
 7. Kepulauan Riau 15.06 WIB
 8. Sumatera Selatan 15.04 WIB
 9. Lampung  15.07 WIB
 10. Kepulauan Bangka Belitung  15.10 WIB
 11. Jawa Barat 15.14 WIB
 12. Jawa Tengah 15.18 WIB
 13. Jawa Timur 15.21 WIB
 14. Kalimantan Barat 15.17 WIB
 15. Kalimantan Tengah  15.22 WIB
 16. Kalimantan Selatan 16.25 WITA
 17. Kalimantan Timur 16.26 WITA
 18. Kalimantan Utara 16.25 WITA
 19. Bali 16.24 WITA
 20. Nusa Tenggara Barat  16.27 WITA
 21. Nusa Tenggara Timur 16.27 WITA
 22. Sulawesi Barat  16.29 WITA
 23. Sulawesi Selatan  16.30 WITA
 24. Sulawesi Tengah 16.30 WITA
 25. Sulawesi Tenggara  16.32 WITA
 26. Gorontalo 16.31 WITA
 27. Sulawesi Utara  16.32 WITA
 28. Maluku Utara 17.34 WIT
 29. Maluku  17.35 WIT
 30. Papua Barat  17.36 WIT
 31. Papua 17.37 WIT
sumber data: liputan6.com

Itulah penjelasan singkat mengenai fenomena alam berupa gerhana matahari cincin. Hal ini kemudian bisa kita jadikan sebagai bagian dari pelajaran. 

Karena fenomena alam ini syarat dengan ilmu pengetahuan. 

Baca Juga:

"Kejadian alam yang luar biasa ini dapat kita dijadikan sebagai cara untuk semkain yakin akan kuasa Allah SWT kemudian menambah iman dan takwa kepada-Nya." 

Akhirnya dengan ini akan semakin menambah keimanan dan ketakwaan setiap hamba kepada Sang Khaliq.
Wallahu ‘a'lam.

Video terkait Gerhana Matahari Cincin 21 Juni 2020:

15 Responses to "Gerhana Matahari Cincin 2020: Penjelasan, Perbedaan, Hingga Daftar Wilayah "

  1. Subhanallah,dari dulu awal tau Gerhana Cincin pengalaman saya itu takut sekali ,sampe sekarang juga terakhir yg gerhana kemarin ..
    Btw makasih info nya gan,mungkin bisa sedikit" saya untuk bisa mendapatkan Hikmah dan ilmu terhadap Gerhana ini..

    ReplyDelete
  2. Saya gak dapet momennya, untung ada video youtubenya. Soal sain GMT dan GMC dijelaskan dengan sederhana dan logis, makasih mas Taufiq, informatif.

    ReplyDelete
  3. Sayang sekali daerahku kemarin tidak dilewati oleh gerhana ini. Jadi tidak bisa menikmati euforianya.

    ReplyDelete
  4. Infonya menarik Gan , Begitu ternyata proses gerhana terus berkarya sehingga dunia terang dengan ilmu

    LITERACY MILITER

    ReplyDelete
  5. Waduh jadi flashback pelajaran waktu sekolah dulu. Ternyata begitu prosesnya.. Sayang belum pernah ngeliat gerhana secara langsung.. Tapi informasinya sangat bermanfaat. Terima kasih:)

    ReplyDelete
  6. 1 tahun lalu di riau tepatnya di kabupaten siak terjadi GMC total. Tapi sayangnya, ditutupi kabut asap
    Jadi ndak bisa liat full 😅

    ReplyDelete
  7. Wah sayang banget di Jogja gk masuk pdhl pengen sekali" liat gerhana matahari walaupun pake bantuan alat

    ReplyDelete
  8. Dulu pas SMA pernah ikut salat gerhana matahari, waktu itu kelihatan banget gelapnya. Seakan jadi malam, itu pertama kalinya merasakan gerhana matahari (kalo gak salah itu dulu total deh). Kemaren gak sempat lihat karena di wilayah saya hujan, ketutupan awan deh hehe

    ReplyDelete
  9. Sering dengar tentang gerhana, tapi blm pernah melihatnya secara langsung karena katanya berbahaya...benar ya ?

    ISLAMIDINA

    ReplyDelete
  10. Info menarik mas. Jadi flashback dulu waktu masih sekolah.

    ReplyDelete
  11. Salah satu tanda kebesaran Allah. Terima kasih min

    ReplyDelete
  12. wehh keren , banget penampakan alam luar biasa 2020, lengkap dengan videonya terima kasih

    ReplyDelete
  13. makasih pengalamannya gaes semoga bermanfaat bagi semua nya ya gaes :)

    ReplyDelete
  14. MasyaAllah, saya lupa soal fenomena ini. Udah pengen lihat bareng anak-anak malah terlewat. Jadilah lihat via online lagi, deh. Saya sangat suka tentang fenomena seperti ini

    ReplyDelete
  15. Subhanallah...
    Berarti yang kemaren2 itu ya?
    Saya gk sengaja liat, waahh banget.. Cincinnya mengelilingi bulan dan besar.. berwarna pelangi haduuhh...
    Subhanallah...

    ReplyDelete

Gimana Artikelnya Gan? Tulis komentar di bawah ini ya !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mgid

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel mgid