Jawa Timur Lawan COVID-19 dengan Kampung Tangguh Semeru, Efektif?

Daftar Isi [Tampil]
kampung tangguh semeru jawa timur

Rubrikpena.com - Ketika pandemi melanda negeri, maka kerja bersama adalah salah satu solusi yang akan membebaskan dari keadaan ini. Perlu adanya partisipasi publik dari seluruh lapisan masyarakat, saling bersinergi untuk memutus mata rantai penyebaran virus.

Tidak mungkin pandemi ini bisa segera selesai. Jika satu pihak berjuang untuk melawan, sedangkan pihak lainnya acuh dengan keadaan ini. 

Maka, perlu dibangun kesadaran dari diri sendiri dan lingkungan terkecil. Hingga akhirnya kesadaran itu akan berdampak besar bagi Indonesia dan bahkan dunia.

Sebagian dari kita mungkin sudah mulai familiar dengan sebuah program Kampung Tangguh Semeru. Ya, ini adalah sebuah program yang diinisiasi oleh Polda Jawa Timur, dan ide brilian ini adalah buah ide yang disuguhkan oleh sang Kapolda, Irjen Pol Muhammad Fadil Imran, M.Si.

Masyarakat Jawa Timur perlu bangga dengan gagasan ini. Karena ini merupakan langkah untuk menjaga masyarakat Jawa Timur secara khusus dari paparan wabah COVID-19 yang tengah melanda.

Program ini mengusung konsep kolaborasi dari lingkup terkecil dalam sebuah negara. Sebagai bagian partisipasi publik dalam pencegahan dan penanggulangan di masa pandemi COVID-19. 


Bekerja bersama-sama menghadapi wabah yang telah menyebar di hampir semua negara di dunia. Kolaborasi ini akan menjadi sejarah besar dalam penanganan sebuah pandemi.

Tidak melulu menagih dan menyalahkan pemerintah yang tengah berjuang. Tapi dengan Kampung Tangguh Semeru kita bisa menjadi bagian perjuangan itu. Berperan untuk menjaga diri, keluarga, lingkungan, Indonesia dan dunia untuk melawan wabah. 

Hingga kemudian bangkit bersama dari keadaan ini. Hal ini kemudian akan menjadi hal positif dibanding terus mencari celah kesalahan pemerintah dalam menanggulangi wabah.

Masyarakat luar Jawa Timur yang belum mengetahui program ini, ketika mendengar kata Semeru yang langsung terbayang adalah sebuah objek wisata Gunung Semeru di Jawa Timur. 

Meskipun secara filosofi maknanya diambil dari Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di tanah Jawa. Namun dalam hal ini, Semeru merupakan sebuah singkatan dari Sehat, Aman, Tertib dan Rukun. 

Kampung Tangguh Semeru di Jawa Timur ini dinilai telah berhasil meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menangkal COVID-19. Karena bagaimanapun sebuah pencapaian besar itu mulai langkah kecil. Jadi, jangan takut untuk memulai demi Indonesia yang lebih baik.

Wabah ini menyebar dengan sangat cepat namun kita tidak boleh kalah. Maka berbagai inovasi penanggulangan sangat diperlukan. Tidak ada jaminan suatu daerah bebas dari wabah ini, jika tidak menerapkan berbagai langkah pencegahan. 

Terkadang daerah yang telah melakukan berbagai langkah pencegahan secara ketat saja, masih ada beberapa warganya yang kemudian dinyatakan positif corona. 

Tak lengah, persebaran yang cepat ini kemudian direspon dalam program Kampung Tangguh Semeru, untuk menciptakan masyarakat yang tangguh dan mandiri dalam menghadapi pandemi.

Secara garis besar, Kampung Tangguh Semeru merupakan sebuah program yang melibatkan masyarakat dari lingkup terkecil, untuk berkontribusi dan berkolaborasi dalam penanganan COVID-19 di Jawa Timur. 

Karena pada dasarnya setiap orang bisa berperan aktif dalam menghadapi berbagai persoalan bangsa. Berikan wadahnya, dampingi, kemudian action.

"Ayo Jogo Jawa Timur, Bekerja Bersama untuk Jawa Timur yang Lebih Aman dan Bebas Covid-19"

Hingga tanggal 18 Juni, jumlah Kampung Tangguh Semeru di Jawa Timur sudah mencapai angka 1.559. Ini menunjukan sebuah langkah serius yang dijalankan atas kolaborasi Pemerintah Jawa Timur, Polda Jawa Timur, Kodam V Brawijaya bersama masyarakat Jawa Timur. Sebagai langkah bersama-sama melawan COVID-19 dari lingkup terkecil, yaitu kampung.

Wilayah yang menjadi prioritas pendirian Kampung Tangguh Semeru di Jawa Timur ini adalah wilayah dengan angka terkonfirmasi positif, PDP (Pasien dalam Pengawasan), ODP (Orang dalam Pemantauan) akibat virus corona yang cukup tinggi.

Sehingga dengan program ini dan dengan penanganan yang tepat dapat memutus mata rantai penyebarannya.

Melalui Kampung Tangguh Semeru, masyarakat kemudian bisa berpartisipasi aktif bersama seluruh stakeholder dalam memerangi wabah virus corona.

Yaitu dengan pendampingan tenaga ahli yang difasilitasi oleh Pemerintah Jawa Timur, Polda Jawa Timur dengan Kodam V Brawijaya. Sehingga, langkah-langkah antisipatif masyarakat di Kampung Tangguh Semeru ini sesuai dengan protokol kesehatan dan bimbingan tenaga ahli.

Bahkan program Kampung Tangguh ini kemudian dikembangkan ke pada beberapa sektor lain selain kampung. Ialah Restoran Tangguh, Mall Tanguh, Industri Tangguh, Pasar Tangguh hingga Pesantren Tangguh.  

Hal ini bertujuan untuk memperispakan masyarakat yang tangguh dalam menghadpi COVID-19 sekaligus menuju kenormalan baru dengan membiasakan menerapkan protokol kesehatan di segala tempat.

Dinamika perubahan sosial, ekonomi dan budaya akibat pandemi ini menjadi aspek strategis dalam program #KampungTangguhSemeru. 

Baca Juga:
Melalui ini kemudian diharapkan masyarakat menjadi tangguh dan melakukan penanganan yang tepat ketika menghadapi pandemi. Konsep partisipasi dari bawah ke atas (bottom up participation) ini adalah sebuah contoh kolaborasi yang akan berdampak besar bagi Indonesia.

Bercengkrama dengan Kampung Tangguh Semeru Krepekan

kampung tangguh semeru
kampungtangguhsemeru.com

Banyak Kampung Tangguh di Jawa Timur yang kemudian bisa dijadikan role model dalam pendirian Kampung Tangguh Semeru. 

Sebagai langkah mandiri dari kelompok masyarakat  dalam kaitannya melawan wabah corona. Misalnya adalah Kampung Tangguh Semeru yang ada di Dusun Krepekan, Desa Jampit, Kec. Ijen, Kab. Bondowoso, Jawa Timur.

Informasi ini kemudian dikemas dalam sebuah video lucu namun syarat informasi yang dibuat dan dipublikasikan oleh content creator Mas Prot di kanal Youtube.

Berawal dari Mas Prot dan Lek Dhi yang menaruh rasa penasaran akan peran Kampung Tangguh Semeru. Hingga akhirnya bertemu dengan Pak Sekcam (Sekretaris Kecamatan) yang kebetulan akan meninjau Kampung Tangguh Semeru.

Ketika akan masuk gerbang wilayah Kampung Tangguh Semeru ini, setiap warga akan diberhentikan pada checkpoint dan diperiksa untuk menerapkan protokol kesehatan. Misalnya wajib mencuci tangan, menggunakan masker, hingga dilakukan pemeriksaan suhu tubuh. 

Kampung Tangguh Semeru ini juga memiliki berbagai fasilitas kesehatan, seperti tersedianya ruang isolasi bagi masyarakat yang terindikasi memiliki gejala CIVID-19 atau ODP (Orang dalam Pengawasan) dengan pendampingan tenaga kesehatan yaitu bidan desa.

Program lain yang kemudian dikembangkan di Kampung Tangguh Semeru ini juga terdapat Lumbung Pangan masyarakat, yaitu berupa gudang bahan pangan seperti sembako untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Selain itu masyarakat juga secara mandiri menanam sayuran yang ditanam oleh setiap keluarga baik sebagai bahan konsumsi sehari-hari atau bahkan dijual ke masyarakat lainnya.

Sambil neyeruput kopi. Ragam program yang ada Kampung Tangguh Semeru ini kemudian dijelaskan oleh Pak Sekcam. Program ini disebut dengan 7 ketangguhan, yaitu :

  1. Ketangguhan SDM (Sumber Daya Manusia), Program ini dilaksanakan melalui pembentukan relawan yang kemudian dibina untuk melakukan langkah pencegahan dan penanggulangan mengenai wabah corona.
  2. Ketangguhan Lumbung Pangan, Dilaksanakan melalui  kolaborasi masyarakat dengan mengumpulkan bahan makanan dan kebutuhan lainnya di gudang Lumbung Pangan Kampung Tangguh.
  3. Ketangguhan Budaya, Program ini berupa penanaman jiwa gotong royong dalam lingkungan masyarakat untuk menciptakan masyarakat yang benar-benar tangguh.
  4. Ketangguhan Keamanan, Berupa program untuk menciptakan keamanan masyarakat di tengah pandemi.
  5. Ketangguhan Kesehatan, Program yang dijalankan oleh relawan untuk mengecek kesehatan masyarakat secara berkala. Sekaligus menghimbau masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas.
  6. Ketangguhan Psikologi, Langkah untuk mengusir rasa bosan dan stres akibat wabah dengan membuat hiburan rakyat.
  7. Ketangguhan Informasi, Sebagai media edukasi masyarakat untuk dapat menangkal berita bohong (hoax) yang disebarkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab terkait dengan wabah corona.
Baca Juga :

Itulah berbagai informasi penting mengenai kampung Tangguh Semeru yang diterapkan di Dusun Krepekan.

Setiap Kampung Tangguh Semeru ini memiliki tujuan yang mulia sebagai kontribusi masyarakat kampung dalam pemutusan mata rantai penyebaran virus corona.
#kampungtangguhsemeru #bloggertangguhsemeru

Saksikan Video Kampung Tangguh Semeru:

0 Response to "Jawa Timur Lawan COVID-19 dengan Kampung Tangguh Semeru, Efektif?"

Post a Comment

Gimana Artikelnya Gan? Tulis komentar di bawah ini ya !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mgid

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel mgid