Hi Traveler, ini 4 Lokasi Wisata Alam di Ciamis yang Cocok Buat Ngadem

Daftar Isi [Tampil]
Instagram @xtaufikhidayatx

Ciamis merupakan sebuah kabupaten yang berada di wilayah provinsi Jawa Barat. Dahulu Ciamis terkenal dengan sebuah pantai yang sangat eksotis yang berada di sebelah selatan kabupaten Ciamis, Ya Pantai Pangandaran. Namun sejak Oktober 2012 lalu Pangandaran berpisah dari Ciamis menjadi daerah otonom baru yaitu Kabupaten Pangandaran. Meski begitu potensi wisata yang berada di Ciamis tidak pernah surut, malah potensi wisata alamnya terus berkembang dan semakin diminati.
Buat kamu yang mau liburan sekaligus ngadem, Ciamis punya banyak potensi wisata yang wajib kamu kunjungi.

1. Situ Lengkong Panjalu

 
Instagram @pesonagaluh
Situ Lengkong berada di Kecamatan Panjalau, Kabupaten Ciamis dan terletak di sebelah utara kota kabupaten Ciamis. Situ Lengkong ini bisa di bilang tempat wisata alam yang cukup lengkap karena di sini tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam indah dengan udara yang sejuk, melainkan kamu bisa sekaligus berwisata budaya dan sejarah. 

Di Situ Lengkong kamu bisa menikmati udara khas pegunungan dan danau yang indah dengan menggunakan perahu. Selain itu kamu juga bisa berkunjung ke pulau Nusa Gede yang berada di tengah-tengah Situ Panjalu untuk menikmati suasana alam yang lebih sejuk dan terdapat makam yang biasa dijadikan sebagai tempat ziarah yaitu Makam Prabu Hariang Kanca atau dikenal dengan Mbah Panjalu. 

Tidak jauh dari Situ Panjalu kamu juga bisa mengunjungi Museum Bumi Alit yang berjarak hanya 1 km dari Situ Panjalu yang menyimpan benda-benda bersejarah peninggalan Kerajaan Panjalu.

Baca juga : Mampir, ke Masjid Cagar Budaya Nur-Sulaiman Banyumas

2. Curug Tujuh Cibolang

 
Instagram @reksamanggala
Selain Situ Lengkong tempat ngadem lain di Ciamis adalah Curug (air terjun) Tujuh Cibolang. Lokasinya tidak jauh dari Situ Lengkong yang hanya berjarak sekirat 8 km, yaitu berada di Desa Sindang Tama Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis. Jika dari kota kabupaten Ciamis jalan menuju Curug Tujuh ini akan kamu temui sebelum sampai di Situ Lengkong Panjalu.

Objek wisata ini sangat cocok buat kamu yang suka dengan petualangan. Sesuai namanya, di sini terdapat tujuh buah curug dengan ketinggian yang berbeda-beda. Untuk menyusuri curug satu hingga ke tujuh memerlukan tenaga yang cukup karena lokasi curug yang tersebar di beberapa titik.

Berada diantara hutan pinus dengan pemandangan pesawahan yang luas dan air terjunnya yang begitu jernih menjadikan tempat ini sangat sejuk, pas buat ngadem dan melupakan sejenak rutinitas sehari-hari. Selain bisa menikmati curug dengan mandi atau sekedar mencuci muka, di sini juga terdapat Bumi Perkemahan Cibolang. Jadi buat kamu yang ingin berlama-lama bisa membawa perlengkapan camping  dan menginap di sini.

3.  Wisata Alam Pinus Batu Cakra

Instagram @opiktaufikh

Wisata Alam Pinus Batu Cakra atau dikenal dengan Hutan Pinus Darmacaang adalah kawasan wisata alam yang berada di kawasan kaki Gunung Sawal, tepatnya di Desa Darmacaang Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis.

Berada di kawasan kaki gunung mungkin kamu bisa bayangkan sendiri bagaimana kesejukan udaranya. Banyak cara menikmati kesejukan Hutan Pinus Darmacaang ini, dari hanya sekedar duduk santai di bawah rimbunnya hutan pinus, berfoto, hingga berkemah bisa kamu lakukan di sini. Selain itu yang paling menarik di sini adalah kamu bisa menikmati pemandangan Ciamis dan Tasikmalaya sekaligus sambil bergelantungan diantara pohon pinus dengan menggunakan hammock. 

Baca juga  : Kalimat ini Ringan, Namun Disukai Allah

4. Grand Sayang Kaak

Instgaram @ciamisinfo

Tempat lain buat ngadem yang gak kalah asik adalah Grand Sayang Kaak. Ini tergolong tempat wisata baru di Ciamis tepatnya di Desa Handapherang Kecamatan Cijeungjing, Ciamis. Grand Sayaang Kaak ini lekat dengan suasana alam dan pastinya instagramable banget. Banyak spot foto yang unik dengan latar pemandangan alam yang hijau.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini selain berfotoria, di sini juga tersedia camping ground bagi yang ingin menikmati lebih lama suasana alamnya atau turun ke Sungai Citanduy yang berada di  bawahnya. Selain itu, tempat ini juga cocok untuk wisata keluarga, karena selain jaraknya yang tidak jauh dari kota kabupaten Ciamis tempat ini juga memiliki fasilitas bermain untuk anak, flaying fox anak dan outbound anak.

Baca juga: 4 Alasan Kenapa Pilih Pantai Pangandaran untuk Berlibur


Masih banyak potensi wisata alam lainnya yang terus dikembangkan oleh pemerintah desa hingga perintah daerah kabupaten Ciamis. Tapi paling tidak empat tempat wisata inilah yang bisa kamu kunjungi untuk merefresh dan merasakan sejuknya udara di wilayah kabupaten Ciamis.

0 Response to "Hi Traveler, ini 4 Lokasi Wisata Alam di Ciamis yang Cocok Buat Ngadem"

Post a Comment

Gimana Artikelnya Gan? Tulis komentar di bawah ini ya !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mgid

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel mgid