5 Cara Melamar Pekerjaan Lewat Online, Fresh Graduate Wajib Tau!

Daftar Isi [Tampil]

cara melamar pekerjaan lewat online 6- rubrikpena
Rubrikpena.com - Pekembangan tekonlogi internet sangat memungkinkan semua orang untuk melakukan hal apapun melalui jarak jauh. Termasuk melamar kerja. Cara melamar pekerjaan secara online ini sudah banyak dilakukan oleh perusahan-perusahan besar sekalipun.

Efisiensi adalah salah satu alasannya. Hal ini pun kemudian akan memberikan kemudahan kepada para pelamar kerja untuk mengikuti proses melamar pekerjaan dari manapun.

Pelamar tidak lagi harus datang ke kantor / perusahaan sambil membawa map berkas lamaran.

Situs-situs penyedia informasi lapangan pekerjaan pun mulai menjamur, dan setiap situs memiliki statistik kunjungan yang ternyata juga tidak sedikit setiap harinya. Bisa ratusan hingga ribuan orang yang mengakses.

Situs penyedia informasi lowongan pekerjaan itu misalnya adalah Jobstreet, Urbanhire, Linkedin, Glints, Karir dan masih banyak situs lainnya yang memiliki kredibilitas dalam menyediakan informasi lowongan pekerjaan.

Baca Juga: Catat! 5 Profesi Ini Begitu Menjanjikan Meskipun Bekerja di Rumah

Perkembangan internet seperti ini, juga harus bisa dimanfaatkan oleh para pelamar kerja. Sehingga bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan sesuai dengan kemampuan dan minat.

Maka, penting pelamar kerja harus mengetahui cara melamar pekerjaan lewat online yang benar dan disukai oleh perusahaan.

Berikut adalah cara melamar pekerjaan lewat online yang membuat HRD perusahaan terkesan dan menjadikan lamaran pekerjaanmu tidak sia-sia.

1. Memastikan Validitas Informasi Lowongan Pekerjaan

cara melamar pekerjaan lewat online
Informasi yang beredar di media internet begitu banyak dan cukup sulit untuk difilter. Termasuk informasi mengenai lowongan pekerjaan.

Maka, hal penting dari cara melamar pekerjaan lewat online sebelum menyiapkan semua berkas lamaran adalah memverifikasi kebenaran informasi lowongan pekerjaannya. 

Proses ini bisa dimulai dengan mengecek link situs yang memberikan informasi lowongannya. Kemudian, bisa juga dengan mengecek ke situs website perusahaannya. 

Biasanya perusahaan besar akan memberikan informasi lowongan pekerjaannya pada menu karir di websitenya.

Atau untuk memastikan kebenaran informasi lowongan pekerjaan yang akan dilamar adalah dengan menghubungi langsung ke perusahaannya.

Namun, harus juga dipastikan bahwa nomor telpon atau email perusahaan adalah benar-benar dimiliki oleh perusahaan tersebut.

2. Pahami Deskripsi Pekerjaan Secara Mendetail

cara melamar pekerjaan lewat online

Jangan asal Apply, cuma karena perusahaan membuka lowongan pekerjaan. Karena bisa saja perusahaan membuka lowongan pada bidang yang tidak kamu minati, atau bahkan kamu tidak mampu untuk mengerjakan pekerjaan itu.

Hal ini akan membuat lamaran pekerjaan mu sia-sia. Karena perusahaan juga tidak akan mau menggaji karyawan yang tidak memiliki kualifikasi pada pekerjaan yang dibebankannya.

Maka pahami secara detail apa kualifikasi yang diinginkan perusahaan, kemudian pastikan kamu juga memiliki kemampuan dari kualifikasi yang diinginkan tersebut.

3. Siapkan Seluruh Data yang Dibutuhkan dalam Proses Melamar Pekerjaan

cara melamar pekerjaan lewat online
Cara melamar pekerjaan secara online, memiliki sedikit perbedaan dengan melamar kerja secara langsung.

Termasuk dalam pengisian data. Biasanya perusahaan akan memiliki ceklist data wajib yang harus dipenuhi oleh para pelamarnya. Sehingga ketika data itu tidak dilengkapi maka akan otomatis gugur.

Berbeda jika kamu datang secara langsung ke perusahaannya. Kamu bisa mengkomunikasikan atau negosiasi sekaligus menjelaskan mengenai kekurangan datanya.

Maka, pastikan saja ketika akan melamar pekerjaan secara online kamu mampu memenuhi semua data lamaran yang diinginkan oleh perusahaan.

4. Membuat Curriculum Vitae / CV yang Menarik

cara melamar pekerjaan lewat online
Curriculum Vitae atau CV adalah bagian yang juga sangat penting dari cara melamar pekerjaan lewat online atau pun secara langsung.

Karena melalui CV ini perusahaan bisa mengetahui semua hal tentang dirimu. Dari mulai riwayat pendidikan, contact person, prestasi, kemampuan hingga pengalaman bekerja yang kamu miliki.

Maka, butalah CV yang menarik. Tidak hanya dari segi kontennya yang informatif tapi kamu juga harus menyiapkan desain yang unik dan menarik.

Kamu bisa mencari contoh CV di internet atau berbagai situs desain yang bisa menaikan nilai personal branding mu.

Atau jika kamu merasa kesulitan dalam membuat CV, berikut adalah Contoh CV Yang HRD dan Pimpinan Inginkan.

5. Jadikan Sosial Media Sebagai Portofolio yang Menarik

cara melamar pekerjaan lewat online

Hal penting lainnya dari cara melamar pekerjaan lewat online adalah pastikan sosial mediamu diisi dengan konten yang menarik dan berfaedah.

Karena tak sedikit perusahaan dalam melakukan recruitment karyawan barunya akan menyiapkan kolom sosial media yang harus diisi oleh para pelamarnya.

Dengan ini, perusahaan melalui HRDnya yang ingin mengetahui bagaimana keseharianmu dalam bersosial media.

Maka, usahakan ketika dalam proses melakukan lamaran pekerjaan isi konten sosial mediamu dengan hal-hal yang bisa menggambarkan citra baik dimata perusahaan. 

Sehingga, ketika pihak perusahaan sedang mengintip sosial mediamu akan terkesan dan menjadikan pertimbangan positif untuk menerima kamu sebagai karyawannya.

6. Jangan Lupakan Ikhtiar Langit

cara melamar pekerjaan lewat online
Setelah semua proses dilalui dan berkas dilengkapi. Cara berikutnya dalam proses melamar pekerjaan adalah jangan pernah melupakan ikhtiar langit.

Yaitu perbanyak sujud dan berdoa kepada Allah agar semua proses lamaran pekerjaanmu berjalan baik dan lancar.

Hal ini menjadi penting, karena hakikatnya kamu bekerja atau tidak di perusahan yang kamu inginkan atau yang tengah kamu lamar itu semuanya akan kembali kepada kehendak-Nya.

Yang terpenting jangan jangan pernah berhenti berusaha. Maksimalkan semua usahamu dan jangan pernah putus asa dengan tidak melupakan doa.

Baca Juga:

Kesimpulan

Itulah langkah-langkah penting yang wajib kamu lakukan dan jalankan sebagai bagian dari cara melamar pekerjaan secara online.

Pastikan semuanya berjalan baik dan tidak sia-sia, dengan memperhatikan setiap detail deskripsi dan berkas yang dibutuhkan perusahaan. Kemudian sinkronkan dengan kualifikasi skill dan berkas pendukung yang kamu miliki.

Informasi cara melamar pekerjaan secara online ini dibuat agar bisa meminimalisir penolakan atas lamaran yang kamu ajukan. Sekaligus terhindar dari informasi hoax yang beredar mengenai lowongan pekerjaan palsu.

0 Response to "5 Cara Melamar Pekerjaan Lewat Online, Fresh Graduate Wajib Tau!"

Post a Comment

Gimana Artikelnya Gan? Tulis komentar di bawah ini ya !

Iklan

Iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan